Calon Bupati Bogor nomor urut 1 Rudy Susmanto, mengaku telah menyiapkan cetak biru atau blueprint untuk perbaikan dan peningkatan sektor pendidikan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rudy di Cibinong, Selasa, mengungkapkan Program Satu Sarjana Satu Desa, hanya salah satu diantaranya yang akan dijalankan Rudy Susmanto jika terpilih sebagai Bupati Bogor 2024-2029.

"Saya sudah siapkan blueprint untuk lima tahun ke depan. Di dalamnya terdapat program satu sarjana satu desa, kemudian pemetaan di setiap wilayah mana yang perlu diintervensi, mulai dari rata-rata lama sekolahnya agar memiliki ijazah minimal SMA," ungkap Rudy.

Ia berharap dengan taraf pendidikan yang semakin baik, maka daya saing para generasi muda juga akan semakin baik untuk bersaing dalam dunia kerja.

Baca juga: Ketua PCNU Bogor dukung Rudy Susmanto di Pilkada 2024
Baca juga: Cabup Bogor Rudy Susmanto tampung aspirasi penataan di kawasan Puncak

Menurut Rudy, pendidikan merupakan salah satu langkah investasi pada Sumber Daya Manusia (SDM). Jika pendidikan baik, taraf ekonomi masyarakat akan meningkat, sehingga masalah kesejahteraan sosial akan berkurang.

"Misal kita ambil soal stunting. Kuncinya adalah punya penghidupan yang baik yang bisa didapat dari pekerjaan yang layak. Pekerjaan layak dari mana? Salah satunya dari pendidikan yang baik," tegas Rudy Susmanto.

Rudy juga berencana menyampaikan kondisi sosial kemasyarakatan di Kabupaten Bogor kepada Prabowo Subianto usai dilantik sebagai Presiden. Harapannya, Kabupaten Bogor mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat untuk menyelesaikan permasalahan sosial.

"Bagaimana pun, Kabupaten Bogor ini halaman rumah beliau. Beliau tinggal di Bojongkoneng. Beliau berpesan jika tidak ingin mendengar ada anak kelaparan, susah sekolah di Indonesia khususnya di Kabupaten Bogor ini," tuturnya.

Baca juga: Pelaku wisata Bogor ingin program Ade Yasin dilanjutkan cabup Rudy Susmanto

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor telah menetapkan dua pasang calon bupati dan wakil bupati, yakni nomor urut 01 Rudy Susmanto-Ade Ruhandi, dan nomor urut 02 Bayu Syahjohan-Musyafaur Rahman atau Kang Mus.

Pasangan Rudy-Ade diusung 17 partai politik, dari delapan partai parlemen yakni Gerindra, Golkar, PPP, PAN, Demokrat, PKS, PKB dan NasDem. Kemudian sembilan partai non-parlemen yaitu Hanura, Perindo, PSI, Gelora, Buruh, Ummat, PBB, Garuda, dan PKN.

Sedangkan pasangan Bayu-Kang Mus diusung oleh PDIP.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024