Puluhan warga yang tinggal di Kampung Cisarua, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengungsi karena rumah yang menjadi tempat tinggal mereka mengalami kerusakan akibat diterjang bencana angin puting beliung, Rabu.

"Bencana angin puting beliung tersebut melanda Kampung Cipeuteuy dan Cisarua, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan. Namun kondisi yang paling parah di Kampung Cisarua," kata Kepala Desa Cipeuteuy Purnama Wijaya di Sukabumi.

Menurut Purnama, bencana ini terjadi pada pukul 16.30 WIB dan hasil pendataan sementara jumlah rumah yang rusak akibat diterjang bencana angin puting beliung mencapai puluhan unit.

Baca juga: Angin puting beliung rusak sejumlah rumah dan tempat ibadah di Sukabumi

Namun untuk jumlah yang rusak belum diketahui secara pasti, tetapi pihaknya menerima informasi ada 30 kelapa keluarga (KK) atau sekitar 110 jiwa yang terdampak. Sementara untuk juga warga yang mengungsi ada 10 KK atau 34 jiwa.

Adapun lokasi yang terdampak bencana angin puting beliung ini yakni di RT 004/005, RT 005/006, RT 006/006 serta RT 007/006 yang seluruhnya berada di Kampung Cisarua.

Selain merusak puluhan rumah dan mengakibatkan puluhan warga mengungsi, bencana angin puting beliung ini merusak fasilitas umum dan tempat ibadah yakni masjid.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat bencana ini. Sementara untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan cukup parah mengungsi ke rumah sanak keluarganya terdekat," tambahnya.

Baca juga: Total rumah rusak akibat puting beliung di Sukabumi capai 31 unit

Purnama mengatakan mayoritas rumah yang terdampak bencana rusak pada bagian atap genteng, bahkan tidak sedikit pohon yang tumbang karena tidak kuat menahan hembusan angin puting beliung.

Hingga Rabu pukul 22.00 WIB, petugas gabungan dari berbagai unsur masih berada di lokasi untuk melakukan pendataan, memberikan bantuan serta membantu mengevakuasi warga dan barang milik penyintas.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024