Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu menekankan pentingnya peran pemuda dalam pembangunan ekonomi desa.

Hal ini dia sampaikan saat berdialog dengan pemuda di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Saya sangat senang bisa bertemu dengan pemuda di sini (di Karawang) karena pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan," kata Syaikhu saat kampanye dialogis kepada pemuda di Karawang, Minggu.

Dalam upaya membangun perekonomian desa, kata Syaikhu, peran pemuda itu cukup penting.

Baca juga: Ahmad Syaikhu perkuat pendidikan dengan industri atasi kesulitan kerja
Baca juga: Ahmad Syaikhu janji akan lanjutkan program unggulan Aher

Meski desa jauh dari ibu kota, menurut dia, dengan semangat dan inovasi yang dimiliki oleh pemuda, desa bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

"Urbanisasi bukan satu-satunya jalan. Pertumbuhan ekonomi bisa datang dari desa seperti dengan tekad kuat dalam bidang pertanian dan perkebunan, bisa tumbuh bersama untuk Karawang, Jawa Barat, dan Indonesia,” katanya.

Di antara keunggulan yang bisa diraih oleh pemuda meski tinggal di desa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet. Pasalnya, produk-produk UMKM dari desa dapat diperjualbelikan ke berbagai daerah, bahkan ke pasar internasional.

"Sudah banyak kisah sukses, produk dari desa miliki nilai yang sama seperti di kota dan dikenal hingga ke penjuru dunia," katanya.

Baca juga: Ahmad Syaikhu dukung pengembangan UMKM serta kampung wisata tanaman di Karawang

Pada hari Minggu ini Cagub Jabar Syaikhu yang didampingi wakilnya, Ilham Akbar Habibie, berkunjung ke sejumlah titik, wilayah Karawang, di antaranya mengisi kultum dan menjadi imam salat Subuh di Masjid Raya Telukjambe, olahraga bersama di Perumnas Telukjambe, menghadiri pertemuan dengan tokoh tani di Telagasari, dan kongko bersama nelayan di Cilamaya Kulon, Karawang.

Selain itu, Syaikhu juga berdialog dengan pemuda di Kecamatan Telagasari dan Lemahabang serta mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Karawang.

Pada Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat telah menetapkan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Selain pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie, ada juga pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan, K.H. Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina, dan pasangan Jeje Wiradinata-Ronald Surapradja.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024