Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat, menggencarkan promosi destinasi wisata pantai selatan Cianjur di berbagai media sebagai upaya menarik minat wisatawan untuk datang berlibur seiring pembangunan infrastruktur yang tuntas dilakukan.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Cianjur Tb Mulyana Syachrudin, di Cianjur, Sabtu, mengatakan target kunjungan wisatawan ke Cianjur tahun 2024 sekitar 2 juta orang termasuk wisatawan mancanegara, sehingga berbagai cara dilakukan termasuk membuat kalender kegiatan tahunan.

"Sarana dan prasarana penunjang terutama jalan menuju destinasi wisata andalan di wilayah utara hingga selatan sudah tuntas dibangun terutama di wilayah selatan Cianjur, sehingga wisatawan dapat sampai dengan cepat," katanya.

Baca juga: Pemkab Cianjur targetkan kunjungan 150 ribu wisatawan pada saat puncak HJC ke-347

Seiring tuntasnya pembangunan jalan sepanjang 772 kilometer penghubung antarkecamatan dan kabupaten di wilayah selatan Cianjur, dapat menjadi pilihan bagi wisatawan dari berbagai kabupaten/kota terdekat untuk menikmati liburan dengan nuansa alam dan pantai.

"Pantai selatan Cianjur dengan bentangan 75 kilometer ditargetkan menjadi destinasi wisata andalan yang dapat dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara, termasuk peluang besar terbuka bagi investor dalam berinvestasi," katanya.

Promosi terkait destinasi wisata di Cianjur terus digencarkan melalui media cetak, elektronik hingga media sosial melibatkan berbagai kalangan termasuk influencer dengan pengikut jutaan orang di media sosial, sehingga destinasi wisata Cianjur dapat dikenal.

Baca juga: Bunga bangkai raksasa di Kebun Raya Cibodas mekar sempurna saat libur lebaran

"Kami sudah meminta dinas terkait dapat melakukan kerjasama dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di Cianjur mulai dari kampung adat, pantai selatan, wisata alam, air terjun hingga wisata buatan yang tidak kalah menarik dengan kota/kabupaten lain," katanya pula.

Sedangkan untuk memudahkan wisatawan untuk sampai ke sejumlah destinasi wisata di Cianjur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur, menambah papan penunjuk arah guna memudahkan wisatawan memilih tempat berlibur.

Kepala Disbudpar Cianjur, Asep Suparman, pihaknya melakukan berbagai pembenahan termasuk menambah papan penunjuk arah ke destinasi wisata andalan mulai dari jalur utama Puncak-Cianjur, hingga jalur selatan dimana terdapat berbagai pilihan destinasi wisata.

Baca juga: Pemkab Cianjur kembangkan destinasi wisata berbasis hobi untuk tarik pengunjung

"Untuk mempermudah wisatawan yang hendak berkunjung ke destinasi wisata, selain papan petunjuk dapat mengunduh kode batang yang terpasang di sejumlah ruas jalan sebelum obyek wisata andalan yang akan dikunjungi," katanya lagi.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024