Bogor (Antara Megapolitan) - SUIJI (Six University Initiative Japan - Indonesia) merupakan konsorsium enam perguruan tinggi yang masing-masing terdiri atas tiga perguruan tinggi dari Indonesia, yakni Institut Pertanian Bogor(IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Hasanudin (Unhas); serta tiga perguruan tinggi dari Jepang meliputi Ehime University, Kochi University dan Kagawa University.

SUIJI menjalin kerjasama  pendidikan dan penelitian pada enam sektor penelitian yaitu; (1) Forestry, (2) Environment control, (3) Functional Foods, (4) Fisheries and marine sciences, (5) Hydrology and micrometeorology, dan (6) Soil sciences and nano technology.

Program SUIJI bertujuan untuk meningkatkan kontribusi pada peningkatan bidang pertanian dan membantu mengatasi masalah lingkungan secara umum pada daerah tropis.

Sejak 2011, SUIJI telah melaksanakan beberapa program rutin tahunan yaitu SUIJI SLP (Service Learning Programe), SUIJI JDP Ms (Joint degree Programe) dan SUIJI Meeting.

Pada  tahun 2012, IPB berkesempatan menjadi tuan rumah 'The 2nd SUIJI International Seminar'. Seminar Internasional tersebut mengangkat tema ''Promoting Sustainable Agriculture in The Tropics Trough Higher Education Network Beetween Indonesia and Japan''.

Acara ini turut dihadiri oleh rektor dari tiap perguruan tinggi yang tergabung dalam SUIJI. Selanjutnya, pada tahun 2017, IPB kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan Program SUIJI. Rangkaian kegiatan diadakan di  dua kabupaten Indonesia, yaitu Tegal dan Bogor.

Agenda yang diusung SUIJI-SLP saat itu adalah penanganan sampah (Garbage Handling), pemanfaatan pekarangan (Home Gardening), mempelajari kegiatan pertanian lokal (Experiencing local agricultural practices), pertukaran budaya (Cultural exchange), mengunjungi Sekolah Dasar di lokasi SUIJI-SLP (Visiting elementary schools), mempresentasikan hasil kegiatan (presentation of the results) dan malam kebudayaan (Cultural night).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2017 terdapat program baru yaitu Home Gardening. Program ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi ekologi, meningkatkan nilai estetika, meningkatkan produktivitas, mengkondisikan program sesuai dengan tempat yang cocok dan keterlibatan sosial. .(SNY/NM)

Pewarta: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017