Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknik Universitas Pancasila memberikan pelatihan dan bimbingan untuk pembuatan extrak buah belimbing.

“Syukur Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan PkM dan pelatihan dari Universitas Pancasila ini UMKM Rasa Dewa dapat nambah ragam/varian oleh-oleh dari bahan buah belimbing sehingga memiliki banyak pilihan dan dapat meningkatkan omset penjualan. Terima kasih atas diselenggaranya PkM ini,” ujar bu Lejar Tri Ayunita, salah satu peserta yang mengikuti pelatihan Pengembangan Industri berkelanjutan pada buah belimbing untuk meningkatkan Produk unggulan UMKM Kota Depok, Rabu.

Pelatihan dan bimbingan diharapkan mampu meningkatkan omset UMKM Mitra dengan menambah ragam/varian oleh-oleh berbahan dasar buah belimbing.

Kegiatan PkM Pelatihan untuk pembuatan extrak buah belimbing oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila, dilaksanakan pada Rabu, 25 September 2024, dengan mitra Rasa Dewa Indonesia di Pesona Gahru Blok A no 3 Bedahan Sawangan Kota Depok 16519.  

Antusias peserta pelatihan cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 20 orang pelaku UMKN di Kota Depok.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan extrak buah belimbing yaitu buah segar belimbing, gula putih, pewarna, essence.

Langkah pertama dalam pembuatan ini adalah : cuci bersih buah belimbing, lalu kupas sirip buah, ati buah/serat dan biji. Potong kecil-kecil kemudian diblander.

Hasil blender kemudian dimasak. Dalam proses pemasakan harus sambil diaduk, jika sudah mendidih tambahkan gula putih pewarna dan essence, aduk sampai mengkristal/ menggumpal lalu dinginkan smbil diaduk sampai gumpalannya sedikit kecil-kecil, langkah selanjutnya adalah memblender menjadi halus dan  jadilah extrak buah belimbing.

Hasil extrak buah belimbing dapat langsung dikemas pada plastic dan di sealer ditutup rapat yang sebelumnya telah dimasukkan tambahkan bahan anti gumpal atau anti lembab silica gel natural foodgrade

Tim penulis, Gunady Haryanto, Duta Widhya Sasmojo, Ainil Safitri,  Fauzie Busalim, Ane Prasetyowati, Dewanto Indra K, Adhi Mahendra, Wisnu Broto dan oMahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila Jakarta

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024