Perenang asal Kabupaten Bekasi Aflah Fadlan Prawira (26) sukses mempersembahkan medali emas ketiga di ajang PON Aceh-Sumatera Utara 2024 untuk kontingen Jawa Barat.
 
"Fadlan memang menjadi tumpuan Jawa Barat untuk meraih medali emas dari cabang olahraga renang," kata Ketua Akuatik Indonesia Kabupaten Bekasi Wanto, dari Medan, Sumut, Rabu petang.
 
Medali emas ketiga Fadlan disumbangkan dari nomor 1.500 meter gaya bebas putra dengan catatan waktu 15 menit dan 42,62 detik sekaligus memecahkan rekor PON yakni 15 menit dan 44,84 detik.
 
Berlomba di Kolam Selayang Medan pukul 19.31 WIB, Fadlan unggul dari perenang Jakarta Nicholas Karel Subagyo yang mencatatkan waktu 15 menit dan 46,80 detik serta atlet Jawa Timur Akbar Putra di posisi ketiga dengan 16 menit dan 16,92 detik.
 
Ia mengatakan tambahan koleksi medali emas dari cabang olahraga renang ini sekaligus menguatkan kontribusi atlet-atlet Kabupaten Bekasi mewujudkan target Jabar hattrick juara PON.
 
Dengan tambahan satu medali emas ini, perenang asal Kabupaten Bekasi hingga petang ini mampu menyumbangkan lima medali emas. Fadlan membuka keran emas melalui nomor 10.000 renang perairan terbuka.
 
Selang beberapa hari kemudian, Fadlan kembali menunjukkan kelas usai menambah koleksi menjadi dua medali emas usai memenangkan nomor 400 meter gaya ganti perorangan putra.
 
Kesuksesan Fadlan diikuti adiknya yakni Prada Hanan yang berhasil meraih medali emas lewat nomor 4x100 meter gaya bebas estafet putri bersama tim perenang Jawa Barat.
 
Medali emas keempat disumbangkan Muhammad Dwiki Raharjo dari 100 meter gaya dada putra setelah mampu mengatasi tekanan hingga unggul tipis dari perenang Jakarta Gagarin Nathaniel Yus serta perenang Bali Pande Made Digjaya yang harus puas mendapatkan medali perunggu.
 
"Emas kelima disumbangkan kembali oleh Fadlan dari nomor final barusan. Fadlan juga masih akan turun besok di nomor final renang estafet 4x100 meter," katanya.
 
Wanto berharap para perenang Kabupaten Bekasi mampu menjaga fokus serta kondisi agar bisa mempersembahkan lebih banyak lagi medali emas untuk Jawa Barat mengingat cabang olahraga renang akan memasuki perlombaan hari terakhir pada esok hari.
 
"Masih ada peluang menambah emas besok karena Fadlan masih akan turun, kemudian Reza Bayu di nomor 200 meter gaya kupu-kupu, Emir juga turun besok di 50 meter gaya bebas," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024