Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, segera merekrut 10.234 calon anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada Pilkada 2024.

Anggota KPU Kabupaten Purwakarta Oyang Este Binos di Purwakarta, Sabtu, mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mempersiapkan perekrutan puluhan ribu calon anggota KPPS pada Pilkada 2024 di Purwakarta.

"Perekrutan calon anggota KPPS Pilkada di Purwakarta akan segera dibuka," katanya.

Sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 475 Tahun 2024, tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Ad Hoc Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota KPPS di Purwakarta mulai 17 hingga 21 September 2024.

Baca juga: KPU Purwakarta membutuhkan 10.234 anggota KPPS pada pilkada
Baca juga: KPU Purwakarta targetkan partisipasi pemilih pilkada 2024 melampaui 84,4 persen

Penerimaan pendaftaran mulai 17 hingga 28 September 2024, kemudian penelitian administrasi calon anggota KPPS mulai 18 hingga 29 September 2024.

"Untuk pengumuman hasil seleksi calon anggota KPPS, pada tanggal 5—7 Oktober 2024," katanya.

Mdenurut dia, pembentukan KPPS ini sangat penting karena bagian dari penyelenggara pada hari-H pemungutan suara, 27 November mendatang.

Atas hal tersebut, pihaknya akan segera menyosialisasikan mekanisme pembentukan KPPS kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di Purwakarta.

Baca juga: KPU Purwakarta sebut ada empat pasangan cabup dan cawabup

KPPS merupakan pihak atau sekelompok orang yang bertugas untuk melaksanakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada 2024.

Ada sejumlah tahapan yang harus dilalui dalam rekrutmen calon anggota KPPS, di antaranya seleksi administrasi dan tanggapan masyarakat.

Mereka dipilih tujuh orang untuk bertugas di setiap TPS. Adapun masa kerja KPPS pada Pilkada 2024 mulai 7 November hingga 8 Desember 2024

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024