Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyalurkan ribuan tenaga kerja magang ke ratusan perusahaan yang ada di daerah tersebut sepanjang Januari hingga September 2024.

Kepala Bidang Bina Pelatihan dan Produktivitas, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, Puspita Wulansari di Karawang, Sabtu menyampaikan bahwa Program pemagangan telah dibuka sejak Januari 2024.

Sesuai dengan data Disnakertrans Karawang, sejak Januari hingga September 2024, sudah ada 6.744 orang yang bekerja di perusahaan melalui program pemagangan.

Baca juga: Ribuan pekerja di Karawang terkena PHK sepanjang Januari-Agustus 2024

Ia menyampaikan, mereka yang terserap bekerja di perusahaan melalui program pemagangan terdiri atas 4.755 orang yang merupakan penduduk asli Karawang dan 1.989 orang dari luar Karawang.

Program pemagangan ini merupakan salah satu program yang digulirkan Bupati Karawang Aep Syaepuloh dalam mengatasi pengangguran. Ke depan, program itu akan terus digulirkan dan akan ditingkatkan penyerapannya.

Menurut dia, program itu perlu terus dikembangkan, karena saat ini dari sekitar 1.000 perusahaan yang ada di Karawang, yang terlibat dalam program pemagangan baru 103 perusahaan.

Baca juga: Puluhan pekerja di Karawang manfaatkan pelayanan KB di tempat kerja yang digelar BKKBN

Jadi ke depannya, kata Wulan, seluruh perusahaan yang ada di Karawang diharapkan bisa terlibat dalam program pemagangan.

"Kami lakukan secara bertahap, tapi target kami semua perusahaan harus ikut program pemagangan,” katanya.

Ia menyampaikan, pihaknya akan lebih menggencarkan lagi sosialisasi ke perusahaan terkait dengan program pemagangan.

Disebutkan kalau program pemagangan ini cukup membantu menekan angka pengangguran. Namun pihaknya masih membutuhkan waktu untuk menjangkau semua perusahaan di Karawang terlibat dalam program pemagangan. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024