Bupati Karawang Aep Syaepuloh berhasil menempatkan ratusan warga dari kalangan disabilitas dalam program perluasan kesempatan kerja yang digulirkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat sepanjang tahun 2024.

"Kami terus berkomunikasi dengan pihak perusahaan agar mereka menyediakan lowongan kerja bagi penyandang disabilitas," kata bupati di Karawang, Kamis.

Sesuai dengan catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, sepanjang tahun ini telah disalurkan 336 warga Karawang dari kalangan disabilitas untuk bekerja di perusahaan-perusahaan swasta, termasuk perusahaan BUMD.

Baca juga: Kreasi Tuli Indonesia beri pelatihan disabilitas Karawang membuat anyaman bambu
Baca juga: Puluhan penyandang disabilitas di Karawang ikuti pelatihan menjadi barista

Rinciannya, penempatan tenaga kerja disabilitas di perusahaan swasta sebanyak 314 orang dan yang ditempatkan bekerja di perusahaan BUMD sebanyak 22 orang.

"Termasuk dalam kegiatan lowongan kerja serentak yang digelar mulai hari ini, tersedia lowongan kerja bagi kalangan disabilitas," kata bupati.

Sedangkan jumlah lowongan kerja yang dibuka secara serentak dalam job fair kali ini sebanyak 1.135 lowongan dari 62 perusahaan besar yang beroperasi di Karawang.

Bupati berharap agar masyarakat pencari kerja bisa memanfaatkan job fair tersebut, yakni dengan memanfaatkan informasi yang tersedia di website infoloker.karawangkab.go.id.

Baca juga: Bupati Karawang inginkan daerahnya ramah terhadap disabilitas, anak dan perempuan

Hal disampaikan karena di antara digelarnya kegiatan job fair ialah untuk menekan angka pengangguran di Karawang.

Sesuai dengan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, tingkat pengangguran terbuka di Karawang mengalami penurunan 0,92 persen.

Pada 2022 tingkat pengangguran terbuka di Karawang mencapai 9,87 persen dan pada tahun 2023 mencapai 8,95 persen. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024