Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi meninjau proyek penataan taman median di Jalan Inspeksi Kalimalang, Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan yang dibangun sebagai upaya mempercantik wilayah sekaligus menjadikan ruas jalan tersebut sebagai ikon daerah.

Pada kesempatan itu Penjabat Bupati Bekasi didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Nur Chaidir serta Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Henri Lincoln berikut jajaran perangkat daerah terkait.

"Selain fokus perbaikan infrastruktur jalan, pemerintah daerah juga melanjutkan penataan taman median yang berada di sepanjang Ruas Jalan Kalimalang yang selama ini belum dimanfaatkan dan tertata dengan baik agar menjadi lebih indah serta estetik," kata Dedy di Cikarang, Selasa.

Baca juga: Pemkab Bekasi lanjutkan pembangunan taman median Jalan Kalimalang

Dia menyebutkan secara bertahap melalui perencanaan yang matang meliputi proses pembebasan lahan serta penataan median jalan, upaya memperindah taman median ini secara bertahap terus dikerjakan kendati jalur Kalimalang ini terbilang cukup panjang.

"Kami sangat bersyukur bahwa saat ini, perlahan-lahan, area yang sebelumnya kurang tertata, kini di bawah kolaborasi Disperkimtan dan Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi, secara bertahap sudah mulai dibenahi," ucapnya.

Dirinya juga mengajak segenap masyarakat untuk turut serta merawat dan menjaga Taman Median Kalimalang. Salah satunya dengan tidak menempatkan barang atau media promosi di area taman.

Baca juga: Pemkab Bekasi bangun taman median percantik Jalan Inspeksi Kalimalang

"Dengan begitu keindahan, kerapian, dan kebersihan taman ini dapat terus terjaga. Terlebih tanaman yang kami pilih juga sudah disesuaikan dengan kondisi cuaca panas di Kabupaten Bekasi agar selalu terlihat bagus, karena ini adalah wajah Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir mengatakan program penataan taman median Kalimalang ini merupakan tahapan lanjutan yang sebelumnya sudah rampung dikerjakan mulai titik Tegal Danas sampai Universitas Pelita Bangsa.

"Tahap lanjutan ini sepanjang 2,9 kilometer mulai Universitas Pelita Bangsa sampai Tegal Gede. Dengan estimasi waktu pengerjaan sesuai kontrak akhir Desember. Saat ini progres sudah 30 persen, kalau tidak ada halangan kita pacu terus, mudah-mudahan akhir November selesai," katanya.

Nur Chaidir juga meminta masyarakat untuk turut merawat dan menjaga taman median tersebut sehingga tidak mengganggu keindahan serta fungsi utama dari taman median itu sendiri.

"Secara rutin perawatan ini dilakukan oleh penyedia pemeliharaan selama enam bulan, setelah itu kami melakukan perawatan rutin termasuk penyiraman, pemotongan dan penyiangan tanaman di area taman median tersebut," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024