Mahasiswa Departemen Matematika Institut Pertanian Bogor (IPB) yakni Bambang Hartono Sinaga meraih juara III Challenge Marketing Research dalam acara IMC (IPB Mathematics Challenge) yang diadakan oleh Gumatika (Gugus Mahasiswa Matematika) di IPB. 

Ini merupakan acara tahun kelima yang diselenggarakan oleh Himpunan Propesi Departemen Matematika IPB. Kegiatan ini terdiri dari dua rangkaian acara rutin yaitu challenge berhadiah dan seminar nasional dengan tema “The Real World Mathematics Expertises in Global Competition Era”. 

Dalam acara lomba ini juga terdapat kurang lebih 250 peserta berpartisipasi dan berasal dari berbagai daerah, seperti Medan, Jawa Barat dan Jakarta.

Bambang mengatakan, acara yang bertempat di Auditorium Toyib Hadiwijaya IPB, IMC tahun ini berfokus pada 3 topik utama yaitu Matematika Pertanian, Data Analisis, dan Aktuaria.

Kompetisi challenge tersebut memberikan dua kasus untuk dipecahkan atau mencari solusi terbaik. Kasus pertama yaitu seorang investor perusahaan e-commerce ingin memasuki pasar Indonesia namun mereka tidak mengetahui kondisi pasar di Indonesia dan memerlukan informasi tentang prospek e-commerce di Indonesia. 

“Challange yang diberikan berupa desain ideal agar bisa mengumpulkan informasi tentang prospek bisnis e-commerce di Indonesia serta menentukan strategi terbaik untuk berinvestasi dan bersaing di Indonesia,” katanya.

Kemudian dilanjutkan dengan kasus kedua yaitu perusahan e-commerce yang sedang berkembang di Indonesia yang ingin mengetahui posisi perusahaan tersebut relatif terhadap kompetitornya. Demi kebutuhan informasi, perusahaan menyewa jasa marketing research dan intelligence dari sebuah Perusahaan Businiess Consulting. 

“Kemudian saya mendesain riset ideal untuk Perusahaan Businiess Consulting demi menjawab kebutuhan klien tersebut,” ujarnya.

Marketing research atau riset pemasaran merupakan kegiatan penelitian dibidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan dan interpretasi hasil penelitian. 

Kesemuanya ditujukan untuk memberikan masukan kepada pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset ini juga digunakan untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.(AT/Zul)

Pewarta: Humas IPB

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017