Bogor, 10/10 (ANTARA) - Dua pekan menjelang hari Raya Idul Adha, bursa penjualan hewan qurban mulai marak terlihat di sejumlah tempat di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu.

"Kami menyediakan 400 ekor hewan qurban khusus sapi untuk hari raya Idul Adha tahun ini," kata Amril pengelola bursa hewan qurban H Mulyono.

Bursa hewan qurban H Mulyono terletak di Jalan KH Abdullah Bin Nuh, tidak jauh dari Kantor Radar Bogor. Ini merupakan tahun ke enam Bursa Qurban H Mulyono beroperasi di Bogor dengan lokasi penjualan yang sama.

Amril mengatakan, mereka sudah berjualan hewan qurban mulai tanggal 25 Septeber 2012 dan berencana akan berjualan selama 1 bulan sebelum lebaran Idul Adha.

Sapi yang terdapat di bursa hewan qurban H Mulyana, merupakan sapi lokal yang diambil dari sejumlah peternak di Pati, Tuban, Ambarawa dan Bali. Sapi dikirim dengan menggunakan truk dari tiga daerah tersebut pada September lalu.

Selain di Kota Bogor, lanjut Amril, mereka juga membuka cabang di dua lokasi yakni di Kabupaten Bogor tepatnya Ciherang dan Depok. Dengan total sapi yang disediakan untuk tiga cabang ini sebanyak 1.000 ekor.

Harga satu ekor sapi dijual bervariasi mulai dari Rp8 juta untuk berat 215 kilogram hingga Rp35 juta untuk 900 kg.

Selain bursa qurban H Mulyana, pedagang hewan qurban juga terlihat disejumlah tempat seperti di Jalan Pandu, Kota Bogor.

Hingga pekan ini, 30 persen hewan qurban telah dipesan oleh sejumlah pembeli yang datang dari sejumlah daerah baik Jakarta maupun Bogor.

Sistem pemesanan ada yang bayar lunas, maupun bayar 50 persen. Sapi-sapi yang sudah dipesan dititipkan kepada penjual untuk diberi makan dan vitamin agar tetap sehat hingga waktu lebaran tiba.

"Kebanyakan yang memesan, minta sapinya diantarkan pada H-1 dan H-2 lebaran," kata Ayat, pedagang hewan qurban lainnya.

Ayat menambahkan, penjualan hewan qurban sedikit banyak membantu peternak lokal meraup untung dalam penjualan hewan ternaknya.


Laily R

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012