Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis, menerima pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karawang yakni mantan Sekda Kabupaten Karawang Acep Jamhuri dan pasangannya,  Gina Fadlia Swara.

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Karawang Acep Jamhuri-Gina Fadlia Swara, pada Kamis, datang ke KPU Karawang dengan diiringi barisan pendukungnya. 

Ketua KPU Karawang Mari Fitriana mengatakan, Acep-Gina menjadi pasangan kedua yang mendaftar sebagai calon kepala daerah ke KPU Karawang, setelah pasangan Aep Saepuloh (petahana) dan Maslani.

Ia menyampaikan, usai melakukan pendaftaran, masing-masing pasangan calon harus mengikuti tahapan tes kesehatan RSPAD Gatot Subroto Jakarta pada 31 Agustus-1 September 2024.

"Setelah tahapan itu, kemudian baru tahapan penetapan pasangan calon pada 22 September dan pengambilan nomor urut pada 23 September," kata Mari.

Mari Fitriana juga menyatakan berkas yang dibawa sebagai persyaratan pendaftaran Acep-Gina dinyatakan lengkap. 

Acep-Gina ini maju pada Pilkada Karawang dengan diusung Partai Gerindra, Demokrat, Golkar, dan PAN. Selain itu juga diusung sejumlah partai nonparlemen, seperti PPP, Partai Hanura, PKN, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Ummat, PSI dan PBB.

Sebelum mendaftar ke KPU Karawang, pasangan Acep-Gina menggelar deklarasi di Lapangan Karangpawitan, Karawang.

Tiga mantan Bupati Karawang, Dadang S Muchtar, Ade Swara dan Cellica Nurrachadiana ikut deklarasi dan mengantarkan pasangan Acep-Gina mendaftar sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati ke KPU Karawang. 

"Alhamdulillah, tiga mantan Bupati Karawang, yang sangat kami hormati, hadir dan akan mengantar kami ke Kantor KPU Karawang, untuk mendaftar menjadi kontestan Pilkada Karawang 2024," kata Gina.

Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah berpanas-panasan datang ke Lapang Karangpawitan dan ikut mengantarkannya ke Kantor KPU Karawang.

"Mudah-mudahan kehadiran kami bisa memberikan warna buat Karawang yang lebih baik dan maju," katanya. 

Acep Jamhuri menyampaikan, pendaftaran ini merupakan tahapan awal yang ditempuh oleh pasangan Acep-Gina dalam Pilkada 2024.

"Pendaftaran ini adalah kewajiban kami untuk melaksanalan rangkaian tahapan, semoga pelaksanaan Pilkada di Karawang berjalan dengan lancar dan tanpa ekses," kata Acep.

Ia menegaskan, pasangan Acep-Gina memiliki harapan untuk bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Karawang.

"Karawang memiliki banyak potensi daerah yang harus kita gali dan maksimalkan. Harapannya, pasangan Acep-Gina bisa memberikan manfaat untuk masyarakat Karawang," katanya.
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024