Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Jawa Barat memastikan hanya dua pasang bakal calon wali kota dan wakil wali kota Depok di Pilkada 2024 yang resmi mendaftar.

"Kami membuka tiga hari pendaftaran. Dua hari pertama tak ada yang mendaftar. Di hari terakhir ada dua pasang calon yang memberikan berkas pendaftaran," kata Ketua KPU Kota Depok Willi Sumarlin di Depok, Kamis.

Willi mengatakan pendaftaran di hari terakhir pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang datang pertama yakni Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq.

Baca juga: Imam-Ririn santuni 1.000 anak yatim sebelum mendaftar ke KPU Depok

Pasangan ini diusung dua partai politik yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar.

"Pertama pagi jam 10.00 an dari pasangan Bapak Imam Budi Hartono dan Ibu Ririn Farabi Arafiq. Jumlah dukungan kurang lebih 400.000 sekian suara," kata Willi.

Willi mengatakan syarat pendaftaran Imam - Ririn yang diusung oleh dua partai ini sudah cukup dari batas minimal.

"Pasangan Imam-Ririn sudah lebih dari cukup dari batas minimal yang dapat mengusung pasangan calon walikota ataupun wakil walikota yaitu sebesar 6,5 persen atau jika dikonversi menjadi 70.000 sekian suara,"kata Willi.

Baca juga: Dua pasangan calon wali kota Depok mendaftar hari ini ke KPU

Sedangkan untuk pasangan calon Supian Suri dan Chandra Rahmansyah diusung oleh 12 partai politik mendaftar pada pukul 14.00 WIB.

"Pasangan Supian Suri dan Chandra Rahmansyah yang diusung oleh 12 partai politik. Yang jika ditotal kurang lebih jumlahnya ada 600.000 sekian suara, yang memberikan dukungan," ungkap Willi.

Lebih lanjut kata Willi tahapan Pilkada Depok selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto tanggal 31 Agustus sampai 1 September 2024.

Baca juga: KPU Depok sebut syarat calon wali kota minimal 70.746 suara

"Kemudian kita akan verifikasi administrasi sampai dengan nanti penetapan pada tanggal 22 September, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut pada tanggal 23 September 2024," pungkasnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024