Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar sosialisasi pemilihan kepala daerah atau Pilkada Serentak 2024 kepada ratusan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) di wilayah itu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bekasi Encep Suprihatin Jaya mengatakan, momentum Pilkada 2024 merupakan salah satu pilar utama dalam demokrasi yang memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk menentukan pemimpin daerah.

"Setiap warga Kabupaten Bekasi yang sudah memenuhi persyaratan untuk memilih dapat menentukan pilihan sesuai hati nurani demi perubahan dan kemajuan bagi daerah serta masyarakat," katanya di Cikarang, Senin.

Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi umumkan pembukaan pendaftaran paslon Pilkada 2024
Baca juga: Pemkab Bekasi gelar rakor lintas sektor kesiapan Pilkada 2024

Ia mengatakan peran kader PKK dan DWP sangat penting dalam menjalankan fungsi edukasi politik kepada masyarakat karena mereka adalah ujung tombak keluarga serta komunitas.

"Dengan pengetahuan yang dimiliki, mereka dapat mengedukasi masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam Pilkada 2024," katanya.

Menurut dia partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bekasi diperlukan untuk memastikan agar penyelenggaraan pilkada bisa berjalan dengan lancar, jujur, dan adil sehingga membawa kemaslahatan untuk semua.

Encep menyatakan seluruh peserta sosialisasi ini dibekali wawasan terkait penyelenggaraan pilkada, mulai dari tahapan pelaksanaan, aturan yang harus dipatuhi, hingga mengidentifikasi berita palsu yang mungkin tersebar di masyarakat.

"Kami berharap, setelah mengikuti kegiatan ini para peserta dapat menjadi agen perubahan di lingkungan masing-masing, membantu menyebarkan informasi yang benar, serta memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar," katanya.

Baca juga: Bakesbangpol Bekasi gelar rakor pilkada tingkatkan partisipan pemilih

Dirinya juga berpesan agar seluruh kader PKK-DWP dapat menjaga netralitas dengan tidak terlibat dalam politik praktis, serta fokus memberikan edukasi politik yang baik dan benar kepada masyarakat dalam rangka mendukung terwujud pilkada yang bersih, transparan, hingga demokratis.

"Kami mengajak kepada seluruh ibu kader yang hadir hari ini agar bersama-sama menyukseskan Pilkada 2024 dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Jadilah contoh teladan kepada masyarakat dalam berpartisipasi aktif dan menjaga nilai-nilai luhur yang selama ini kita junjung tinggi," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024