Kantor Bulog Cianjur, Jawa Barat, mencatat sepanjang tahun 2024 dari Januari-Juli sudah berhasil menyerap sekitar 10.300 ton beras dari petani yang ada dua kabupaten, Cianjur dan Sukabumi, angka tersebut telah melampaui target.

Kepala Bulog Cianjur, Renato Horison di Cianjur Minggu, mengatakan target serapan tahun 2024 sebanyak 10 ribu ton beras, namun hingga Juli target serapan sudah lebih 300 ton, namun selama ada potensi pihaknya akan terus melakukan serapan dari petani lokal.

"Sejak Juli penyerapan tidak dilanjutkan karena harga beras petani sudah di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP) Rp11 ribu per kilogram," katanya.

Baca juga: Bulog Cianjur targetkan Maret harga beras khususnya di Sukabumi kembali normal
Baca juga: persediaan beras cadangan bulog cianjur 2.600 ton

Pihaknya tidak bisa beli beras di atas Rp 11 ribu karena sudah peraturan dari pemerintah, ketika harga beli pemerintah naik berdampak terhadap harga beras di pasar akan ikut naik karena hukum pasar agar petani tetap mendapatkan nilai yang baik.

Untuk menjaga stabilitas harga beras di pasaran terutama harga jual ke pembeli pihaknya memiliki Penugasan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Beras.

"Beras SPSH dipasok ke pasar tradisional dengan harga Rp11 ribu per kilogram selanjutnya pedagang dapat menjual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.500 per kilogram pada pembeli atau warga," katanya.

Dia menjelaskan sejak satu tahun terakhir Bulog Cianjur tidak lagi menyerap gabah karena minim-nya ruang penyimpanan dibandingkan dengan beras yang tidak membutuhkan banyak ruangan terlebih penyimpanan beras dapat ditumpuk.

Baca juga: Bulog Cianjur Sulit Serap Beras Petani Lokal

"Terlebih gabah setelah digiling akan menyusut hingga 50 persen, sehingga saat ini Bulog hanya membeli hasil panen petani dalam bentuk beras yang tidak membutuhkan banyak ruangan penyimpanan," katanya.

Sementara terkait stok beras di tiga gudang Bulog Cianjur, tambah dia, sekitar 7.000 ton aman dan mencukupi hingga awal tahun 2025 untuk kebutuhan warga di tiga kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah pendistribusian Bulog Cianjur.

"Untuk stok yang tersedia masih aman sampai awal tahun, ketika pemakaian tinggi stok dari cadangan beras pemerintah akan terus ditambah, terlebih ketika terjadi kenaikan harga beras di pasaran," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024