Tim pengabdian dan pemberdayaan masyarakat  Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) yang diketuai oleh Dr.Nia Murniati, S.K.M., M.K.M., dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Vokasi UI, mengadakan kegiatan di Sekolah Masjid Terminal (Master) Indonesia pada 20 Agustus 2024 mengenalkan ARSI Chatbot.

Ketua Pengabdi, Dr.Nia Murniati, SKM.,MKM., dalam keterangannya, Jumat menyampaikan, salah satu strategi regulasi emosi untuk meringankan masalah secara personal dengan curhat.

Namun tidak boleh sembarangan dalam curhat sebelum mengenali siapa yang diajak curhat.

Minimnya kemampuan mereka untuk memanfaatkan jasa psikolog sehingga mereka banyak curhat ke sosial media.

Hal tersebut belum tentu dapat menyelesaikan masalah, namun dapat menambah masalah apabila yang kita curhatkan merupakan sebuah aib. 
 

Baca juga: Mahasiswa UI melakukan riset investasi nasional

Dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit membuat sebuah inovasi yang bernama Chatbot ARSI (Administrasi Rumah Sakit Interaksi).

Sebanyak 40  siswa/siswi hadir mengikuti  dan pemberdayaan kader Posyandu dengan judul “Chatbot Assistant : Sarana Curhat Gratis, Membangun Solidaritas Sesama Pelajar Sekolah Master Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan inovasi dosen administrasi rumah sakit yang bernama ARSI (Administrasi Rumah Sakit Interaksi) sebagai sarana curhat bagi anak jalanan yang menempuh pendidikan Paket C di Sekolah Masjid Terminal (Master) Indonesia.

Kota Depok sama halnya dengan Kota/Kabupaten lain memiliki kesamaan dalam masih adanya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial merupakan kelompok rentan baik secara sosial dan ekonomi. Berbagai upaya telah banyak dilakukan pemerintah maupun masyarakat dalam mengurangi penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Baca juga: RSUI dan Vokasi UI gelar pengmas beri edukasi untuk anak Cerebral Palsy

Salah satu diantaranya adalah Sekolah Master atau akronim dengan Sekolah Masjid Terminal merupakan sekolah gratis bagi anak-anak jalanan, masyarakat tidak mampu, pemulung, pengamen yang berlokasi di area terminal Depok, Jawa Barat.

Kehidupan keras yang selama ini dijalani anak penyandang masalah kesejahteraan sosial menimbulkan stres.

Kurangnya kesiapan penyandang masalah kesejahteraan sosial menghadapi stersor dapat menyebabkan stres pada anak yang sekolah di Master. Mengingat manusia adalah makhluk sosial, respon terhadap stres yang dilakukan oleh anak juga pasti berbeda.

Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat diawali edukasi oleh ketua pengabdi dan praktik menggunakan Chatbot ARSI oleh tim pengabdi yang terdiri dari Dr.Nia Murniati, SKM.,MKM, Ari Nurfikri, SKM.,MMR., Supriadi, SKM.,MARS, Deni Danial Kesa, MBA.,PhD, dan Elsa Roselina SKp.,MKM.

Baca juga: Vokasi UI beri edukasi gizi berbasis pangan lokal dan pemberian stimulasi oromotor

Siswa Sekolah Master dikenalkan dengan Chatbot ARSI yang dapat mereka gunakan sebagai sarana curhat. Untuk keberlanjutan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ini, tim pengabdi memberikan media Chatbot ARSI kepada pihak Sekolah Master.

Dengan adanya kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ini, diharapkan dapat memfasilitasi curhat yang sehat bagi siswa penyandang masalah kesejahteraan sosial di Sekolah Master.

Dengan adanya media curhat tersebut dapat menurunkan tingkat stres siswa penyandang masalah kesejahteraan sosial di sekolah master.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024