Bupati Sukabumi, Jawa Barat, Marwan Hamami menyerahkan piagam penghargaan kepada 32 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Sukabumi 2024 sebagai bentuk apresiasi terhadap tugas mereka pada upacara pengibaran serta penurunan Bendera Merah Putih HUT ke-79 Republik Indonesia (RI).

"Saya sangat bangga melihat hasil kerja keras kita bersama, terwujud dengan suksesnya pelaksanaan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024," kata Marwan di Sukabumi, Minggu.

Menurut Marwan, anggota paskibra merupakan putra-putri terbaik, sehingga harus menjadi teladan bagi generasi muda khususnya di Kabupaten Sukabumi. Selain itu harus menjaga serta mengimplementasikan jiwa nasionalisme, patriotisme, dan kepemimpinan, dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Bupati Sukabumi kukuhkan 32 anggota Paskibra 2024

Untk menjadi anggota paskibra, lanjutnya, harus melewati berbagai persyaratan dan pemeriksaan, mulai kesehatan, fisik, kejiwaan, dan lainnya. Bahkan setelah dinyatakan lolos sebagai calon paskibra, para pelajar tingkat SMA tersebut harus menjalani pelatihan fisik, mental, dan teknik, yang diajarkan pelatih selama beberapa bulan.

Selama itu, kata dia, energi dan pikiran mereka terkuras serta harus jauh dari orang tua dan rekan-rekannya, karena selama beberapa bulan tersebut mereka harus fokus terhadap latihan dan kondisi kesehatannya.

Tetapi semua itu terbayar saat Sang Saka Merah Putih benar-benar berkibar. Maka dari itu, menurut dia, penghargaan yang diberikan tersebut sebagai bentuk apresiasi yang setinggi-tingginya dari Pemkab Sukabumi.

Baca juga: Bupati Sukabumi: Bangun Indonesia lebih baik

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi Tri Romandhono bersyukur anggota paskibra dapat menjalankan tugasnya dengan lancar. Tidak hanya itu, ada yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Sukabumi, dimana ada dua anggota paskibra Kabupaten Sukabumi yang terpilih untuk mengemban tugas sebagai paskibra tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Dua anggota paskibra yang terpilih itu dari SMAN 1 Parungkuda dan SMA Mutiara Terpadu Palabuhanratu. Namun secara umum kami bangga atas dedikasi seluruh anggota paskibra yang sudah bersusah payah berlatih dan berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna," tambahnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh anggota paskibra, setelah tuntas menjalankan tugasnya agar tetap menjaga silaturahim dan bisa memberikan ilmunya kepada adik-adiknya. Kemudian gunakan waktu istirahat sebaik mungkin dan manfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024