Kusmana Hartadji memaparkan hasil kinerja selama setahun memimpin pemerintahan dan masyarakat Kota Sukabumi, Jawa Barat sejak awal dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Sukabumi pada 20 September 2023 lalu.

"Berbagai capaian kinerja dan kemajuan yang berhasil kami laksanakan dalam kurun waktu satu tahun sebagai Pj Wali Kota Sukabumi. Tentunya hasil ini berkat kerjasama semua pihak khususnya masyarakat," katanya saat memberikan sambutan pada puncak peringatan HUT ke-79 RI tingkat Kota Sukabumi, Sabtu.

Menurut Kusmana, selama satu tahun memimpin Kota Sukabumi terdapat beberapa kemajuan yang dicapai seperti meningkatnya animo kaum muda dalam berwirausaha serta adanya produk dari beberapa UMKM lokal yang mampu bersaing di tingkat nasional.

Peningkatan tersebut tentunya berkat program-program yang tepat sasaran, efektif dan efisien hasil inovasi serta kerja sama seluruh pihak khususnya inovasi yang diciptakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait salah satunya memberikan pelatihan kewirausahaan kepada kaum pemuda untuk menumbuhkan jiwa wirausaha.

Kemudian, melakukan berbagai promosi, kegiatan dan pelatihan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sehingga saat ini semakin banyak produk UMKM khas Kota Sukabumi yang berasing di pasar nasional.

Selain sejak menjadi orang nomor satu di Kota Sukabumi dirinya langsung melakukan berbagai inovasi salah satunya dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA). Di mana Kota Sukabumi memiliki potensi wisata yang bisa menarik kedatangan wisatawan domestik maupun mancanegara seperti keberadaan Sungai Cimandiri untuk wisata arung jeram.

Namun demikian, masih ada beberapa pekerjaan yang masih tahap pelaksanaan salah satunya menciptakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Sukabumi 2024 yang damai, aman dan berkualitas.

Maka dari itu, koordinasi terus dilakukan pihaknya khususnya bersama aparat keamanan baik dari unsur TNI, Polri maupun ASN untuk memastikan keamanan seluruh tahapan pilkada.

Ia pun mengajak masyarakat mensukseskan pesta demokrasi ini dengan menggunakan hak suaranya di hari pemungutan suara mendatang serta jangan mau dipecah belah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024