Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memecahkan dua rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di kampus setempat, Sabtu.

Rekor pertama adalah perguruan tinggi yang membuat poster terbanyak berbasis kecerdasan buatan dan teknologi informasi lainnya, sebanyak 632 poster yang melibatkan mahasiswa.

Kedua, rekor sebagai perguruan tinggi dengan mitra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bersertifikat produk halal terbanyak dengan total 160.

Baca juga: Unesa pamerkan 2.192 karya mahasiswa dan dosen dalam Pameran Bulan Pendidikan

"Rekor ini merupakan wujud spirit kemerdekaa,n salah satunya dalam bentuk gotong royong atau kolaborasi seluruh civitas untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara," kata Rektor Unesa Prof Nurhasan.

Menurut Cak Hasan, sapaannya, rekor itu merupakan bagian dari komitmen dan upaya kampus Rumah Para Juara dalam mengisi hari kemerdekaan dengan capaian yang berdampak bagi lembaga dan masyarakat, juga menjadi kado terindah untuk Dies Natalis ke-60 Unesa.

"Semua ini tidak akan terwujud dan tercapai, tanpa komitmen dan kontribusi seluruh civitas Unesa. Semoga ini menjadi motivasi untuk selalu membawa Unesa satu langkah di depan," ucap guru besar ilmu keolahragaan itu.

Sementara itu, Yusuf Ngadri dari MURI menuturkan capaian Unesa di MURI sudah tidak terhitung jumlahnya.

Baca juga: Sekjen Kemenkumham raih Doktor Honoris Causa dari UNESA

 

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024