Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Jawa Barat, menggelar Lomba Nasional Penulisan Esai Lingkungan Hidup bertema “Inovasi dan Aksi Nyata untuk Keberlanjutan Lingkungan Hidup” yang terbuka untuk seluruh mahasiswa di perguruan tinggi se-Indonesia.

Ketua Pusat Studi Lingkungan UIKA Bogor Tjahjo di Kota Bogor, Jumat, mengatakan tema ini dipilih karena lingkungan hidup untuk pertama kalinya menjadi indikator pembangunan.

“Hal tersebut tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045,” kata Tjahjo.

Lomba penulisan esai ini berhadiah jutaan rupiah, dengan beberapa kategori yaitu Pengelolaan Sampah dan Daur Ulang, Pemanfaatan Energi Terbarukan, Konservasi Keanekaragaman Hayati, dan Solusi Menghadapi Perubahan Iklim Pertanian Berkelanjutan.

Baca juga: Mahasiswa asing asal Uzbekistan lulus dari UIKA Bogor

Pendaftaran Lomba Nasional Penulisan Esai Lingkungan Hidup ini dimulai pada 1-20 Agustus 2024. Sedangkan pengumpulan karya dilakukan pada 20-30 Agustus 2024. Lalu pemenang diumumkan pada 31 Agustus 2024.

Ketentuan lomba ini antara lain esai berbahasa Indonesia, belum pernah dipublikasikan atau dilombakan, memiliki maksimal 1.500 kata dengan format A4 dan font Times New Roman 12, spasi 1,5, margin 3 sentimeter, dan file dalam format PDF dikirim ke wa.me/6282111198989 (Lukman Azis).

Tjahjo menjelaskan lomba penulisan esai ini digelar untuk mendapat gambaran tentang apa yang menjadi ide atau pandangan generasi muda dalam berkontribusi terhadap pembangunan dalam periode tersebut.

Baca juga: UIKA Bogor raih empat penghargaan dari LLDIKTI

“Sehingga sasarannya adalah mahasiswa yang diperkirakan 5-10 tahun lagi sudah mulai berkiprah dalam pembangunan dan 20 tahun menjadi generasi pemimpin,” ucapnya.

Tjahjo menyebut UIKA akan melalukan penyebaran info lomba ini melalui jejaring yang menjadi anggota Badan Koordinasi Pusat Studi Lingkungan dan Perkumpulan Program Studi Ilmu Lingkungan se-Indonesia.

“Harapan bagi peserta bisa memotivasi mereka untuk menjadi peneliti atau penulis ilmiah di bidang pengelolaan lingkungan hidup, dan bagi pembaca mereka dapat mengakses pengetahuan tentang ilmu lingkungan dan pemanfaatannya bagi pengelolaan lingkungan hidup,” jelasnya. 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024