Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat mencoret 322 pemilih yang tidak memenuhi syarat, sehingga tidak masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) pada Pilkada serentak tahun 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang Mari Fitriana di Karawang, Rabu mengatakan bahwa pihaknya telah menetapkan pemilih dalam DPS sebanyak 1.804.784 orang yang tersebar di 309 desa/kelurahan.

Dari jumlah DPS pada Pilkada Kabupaten Karawang yang mencapai 1.804.784 orang, sebanyak 905.515 pemilih di antaranya laki-laki dan 899.269 pemilih perempuan.

"Untuk jumlah pemilih yang dicoret karena tidak memenuhi syarat sebanyak 322 orang," katanya.

Baca juga: KPU Karawang siapkan tempat pemeriksaan kesehatan cabup-cawabup
Baca juga: KPU Karawang tetapkan pemilih pilkada 2024 dalam DPS capai 1.804.784 orang

Ratusan pemilih itu masuk katagori tidak memenuhi syarat sebagai pemilih pada Pilkada 2024, karena sudah meninggal dunia, beralih status dari sipil menjadi TNI/Polri, WNA, ganda, pindah domisili, serta salah penempatan tempat pemungutan suara (TPS) yang mengharuskan pindah ke TPS yang baru.

Ia menyebutkan bahwa jumlah DPS pada Pilkada serentak tahun 2024 ini mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan pada Pemilu lalu yang hanya mencapai sekitar 1,7 juta orang.

Sementara itu, dalam rapat pleno penetapan DPS pada Minggu (11/8), Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karawang, Ade Permana menyampaikan saran ke KPU Karawang untuk melakukan pencermatan atau sinkronisasi data pemilih ganda yang turun sebelum pleno di tingkat kecamatan dan data ganda yang turun setelah pleno kecamatan serta memastikan sudah dieksekusi dengan memasukannya ke dalam Sidalih online.

Baca juga: Golkar Karawang: Mundurnya Airlangga tak pengaruhi konstalasi politik pada pilkada

Atas saran itu, KPU Karawang melalui Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi Ahmad Subhi langsung menindaklanjuti saran dan masukan dari Bawaslu Karawang pada pelaksanaan rapat pleno tersebut. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024