Sebanyak 580 pesepeda memeriahkan ajang perlombaan maraton lintas alam bertajuk 'XCM Kabupaten Bekasi Cup' dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-74 daerah itu 15 Agustus 2024 sekaligus HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Penjabat Bupati Bekasi, Jawa Barat Dani Ramdan mengatakan selain rangkaian menyambut hari jadi, kegiatan ini juga bertujuan membangkitkan potensi atlet sepeda gunung sekaligus memperkenalkan destinasi wisata alam di sekitar wilayah Kecamatan Bojongmangu.

"Rute yang dipilih sengaja melintasi area perbukitan dengan pemandangan indah ditambah sarana prasarana lintasan olahraga yang mumpuni untuk XCM Bike. Kami ingin memperkenalkan juga kepada masyarakat luas betapa indah wisata perbukitan ini," katanya di Cikarang, Minggu.


Baca juga: Ribuan warga meriahkan lomba maraton 'Bekasi Sunset Run' HUT RI dan Bekasi
Baca juga: Pemkab Bekasi gelar gebyar pariwisata dan ekonomi kreatif 2024

Ia mengatakan rute yang harus dilalui pesepeda ini cukup panjang serta menantang sehingga diharapkan mampu menguji ketahanan fisik sekaligus membangun rasa solidaritas di antara seluruh komunitas sepeda yang menjadi peserta lomba ini.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengatakan 580 peserta ajang ini berasal dari berbagai wilayah terdiri atas 150 peserta kategori elite dan 430 peserta kategori fun race.

"Peserta menempuh jarak sejauh 59 kilometer, dimulai dari Patung Golok Deltamas menuju Kawasan Deltamas hingga Bumi Perkemahan Karang Kitri sebelum kembali ke garis akhir yakni Patung Golok Deltamas," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi gelar lomba peragaan busana semarakkan Hari Jadi dan HUT RI

Iman menyebutkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin kebersamaan serta solidaritas, seraya mendapatkan pengalaman dari para atlet sepeda gunung terbaik.

Kemudian dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi dan HUT Proklamasi RI melalui semangat kemerdekaan yang tercermin dari perjuangan mengayuh sepeda di lintasan cukup menantang.

"Komunitas sepeda di Kabupaten Bekasi ini semakin banyak sehingga sangat cocok untuk memperkuat kebersamaan. Terlebih dalam menyambut kemerdekaan, olahraga ini juga mencerminkan semangat kemerdekaan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024