Pengamat politik dari Universitas Djuanda, Bogor, Gotfridus Goris Seran menilai Rudy Susmanto-Elly Yasin sebagai pasangan ideal bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor dan memiliki kekuatan besar untuk berkompetisi merebut suara rakyat pada Pilkada Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Rudy kuat di wilayah tengah ke timur Bogor, sementara Elly memiliki kekuatan elektoral di wilayah tengah ke barat Bogor," kata Seran di Cibinong, Kamis.

Ia menilai pasangan dari Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan itu ideal sebagai pasangan dari berbagai aspek.

Menurut dia, kecenderungan Rudy Susmanto berpasangan dengan Elly Yasin adalah langkah yang sangat rasional.

Rudy Susmanto, sebagai representasi pilihan Presiden terpilih Prabowo Subianto, membutuhkan pendamping yang dapat memperkuat elektoralnya. 

Kemudian, Elly Yasin, istri mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin, dinilai mampu mendongkrak elektoral di wilayah yang belum maksimal disentuh oleh Rudy.

Seran juga menyoroti kecocokan personal antara Rudy dan Elly, yang memperkuat peluang mereka sebagai pasangan ideal. 

Kini, pasangan ini hanya tinggal menunggu restu dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai untuk resmi dipasangkan.

Seran meyakini bahwa Prabowo Subianto menaruh perhatian besar pada Pilkada Bupati Bogor karena daerah ini merupakan "halaman" rumah Presiden terpilih tersebut.

Ia menambahkan, hampir semua partai politik cenderung mendukung pasangan Rudy-Elly, namun, peluang terbentuknya poros baru masih menyisakan Partai Golkar, PDI Perjuangan, dan PKS. 

Ia juga menyebut bahwa keinginan Jaro Ade untuk menjadi calon Bupati Bogor bisa terwujud jika PDI Perjuangan benar-benar berkoalisi dengan Golkar.

"Peluang pertarungan dalam Pilkada Bogor masih terbuka, Rudy-Elly melawan Jaro Ade-Kang Mus. Ini bisa terjadi jika Golkar merekomendasikan Jaro Ade dan PDIP mendukung Kang Mus," kata Seran mengenai pasangan  Ade Ruhandi alias Jaro Ade dan Musyafaur Rahman alias Kang Mus.

Pernyataan Seran tersebut didasarkan pada wacana dari DPP PDI Perjuangan, yang disampaikan oleh Adian Napitupulu, mengenai kemungkinan duet Jaro Ade-Kang Mus.

Pasangan Jaro Ade-Kang Mus tersebut telah diterima dalam pertemuan dengan Tim Pemenangan Pilkada 2024 PDI Perjuangan, yang diketuai Adian Napitupulu bersama Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Jakarta 29 Juli lalu. 


 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024