Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar rapat koordinasi lintas sektor membahas kesiapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah, KPU, dan Bawaslu, serta pengurus partai politik wilayah setempat.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Kamis, mengatakan rapat koordinasi lintas sektor ini dalam rangka mengoptimalkan kolaborasi seluruh pihak terkait untuk mewujudkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang aman dan kondusif serta demokratis.

"Dengan koordinasi yang baik diharapkan pilkada nanti bisa berjalan aman, lancar, tertib, demokratis, kondusif, serta tingkat partisipasi masyarakat juga tinggi," katanya.

Ia meminta kepada seluruh jajaran terkait termasuk segenap camat dan kepala desa maupun kelurahan agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat menyangkut arti penting menyalurkan hak pilih pada Pilkada 2024.

Menurut dia pemilihan kepala daerah merupakan ajang pendidikan politik bagi masyarakat agar bisa memilih calon kepala daerah secara cerdas dan bertanggung jawab sehingga mampu menghasilkan pemimpin yang menjadi harapan seluruh masyarakat.

"Memilih calon pemimpin bukan karena money politic tetapi betul-betul karena kualitas, kapasitas, serta integritas demi mewujudkan Kabupaten Bekasi yang semakin maju," katanya.

Dani menyebutkan ada tiga indikator keberhasilan penyelenggaraan pemilihan umum yakni tingkat partisipasi masyarakat tingi, pelaksanaan pemilihan yang aman dan demokratis, serta terpilih pemimpin terbaik sesuai dengan harapan masyarakat.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan rapat koordinasi kesiapan ini diselenggarakan sekaligus untuk merumuskan rencana pengamanan pemilihan kepala daerah dalam Operasi Mantap Praja Jaya 2024.

"Dengan mengedepankan kegiatan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kehumasan, dan bantuan operasi guna memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif," katanya.

Pihaknya berharap sinergi dan kolaborasi seluruh unsur terkait bisa lebih ditingkatkan sehingga pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Bekasi dapat berjalan dengan aman serta kondusif.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024