Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terpilih hasil Pemilu 2024 resmi dilantik di gedung paripurna DPRD Karawang, Senin.

Dalam prosesi pelantikan itu, 50 anggota legislatif itu diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Karawang Ahmad Shuhel Nadjir, dan disaksikan langsung oleh Bupati Karawang Aep Syaepuloh.

"Dengan pelantikan ini, diharapkan para anggota DPRD yang baru dapat menjalankan tugas mereka dengan amanah dan membawa perubahan positif bagi Karawang ke depan," kata bupati.

Ia juga mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Karawang yang telah dilantik serta mengajak untuk bersama-sama berkomitmen membangun Karawang dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca juga: Tamu undangan pelantikan 50 anggota DPRD Karawang terpilih hasil Pemilu 2024 dibatasi

"Selamat atas pelantikannya, mari bersama kita wujudkan Kabupaten Karawang unggul, maju dan berkelanjutan dalam menyongsong Indonesia emas 2045," ajaknya.

Sesuai dengan catatan Sekretariat DPRD Karawang, dari 50 anggota legislatif itu, ada 25 orang yang baru menjabat. Sedangkan sisanya merupakan anggota legislatif yang terpilih kembali pada Pemilu 2024.

Perolehan kursi anggota DRPD di antaranya, Partai Gerindra dan Partai Demokrat masing-masing memperoleh delapan kursi, menjadikan kedua partai itu sebagai partai yang meraih jumlah kursi terbanyak.

Baca juga: DPRD Karawang siapkan pelantikan legislator terpilih hasil Pemilu 2024 pada Senin

Diposisi selanjutnya PKS dan Partai Nasdem dengan tujuh kursi, Partai Golkar, PDI-P, dan PKB dengan masing-masing enam kursi, serta PAN dengan dua kursi.

Dari 50 anggota DPRD Karawang yang dilantik, Ahmad Sopyan Junaedi Putra menjadi anggota legislatif termuda, yang tercatat lahir pada tahun 2000.

Sedangkan anggota DPRD Karawang periode 2024-2029 yang tertua ialah dari Partai Demokrat, Saryadi, yang lahir pada 1960.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024