Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rita Suwadi yang baru sepekan menjabat sebagai Kapolres Sukabumi Kota gencar melaksanakan program silaturahmi kamtibmas dengan berbagai elemen masyarakat dalam upaya meningkatkan sinergi.

"Silaturahmi ini merupakan salah satu program utama kami untuk membangun dan memperkuat sinergi antara Polri dengan berbagai elemen masyarakat," katanya di Sukabumi, Kamis.

Menurut Rita, silaturahmi merupakan salah satu upaya Polres Sukabumi Kota dalam menjalankan tugas sebagai pengaman, pelayan dan pengayom masyarakat. Tujuan dari program ini untuk menunjukkan bahwa antara Polri dengan masyarakat tidak ada sekat serta meningkatkan kepercayaan warga.

Selain itu, dengan silaturahmi ini tentunya bisa membantu tugas Polri khususnya personel Polres Sukabumi Kota dalam menjalankan tugasnya mulai mengungkap berbagai kasus kriminal, memberikan pelayanan maupun bantuan serta bisa meningkatkan kinerja dan profesionalitas personel.

Melalui jalinan komunikasi, koordinasi serta sinergitas lintas sektoral merupakan salah satu dukungan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, karena informasi dari masyarakat sangat membantu pihaknya dalam menjaga keamanan.

"Silaturahmi harus dibangun dan diperkuat di mana sebelumnya saya telah bersilaturahmi dengan Penjabat Wali Kota Sukabumi, Dandim 0607 dan Ketua MUI Kota Sukabumi dan KPU Kota Sukabumi. Kemudian dilanjutkan bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat, pemuda serta berbagai elemen masyarakat lainnya," tambahnya.

Rita mengatakan program silaturahmi ini penting yang harus dilakukan demi mewujudkan kamtibmas kondusif di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, khususnya menjelang Pilkada Kota dan Kabupaten Sukabumi 2024.

Selain itu, melalui silaturahmi kamtibmas menjadi upaya preemtif kepolisian untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing.

Ia mengakui Polri tidak akan dapat bekerja maksimal tanpa adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Maka dari, perlu adanya kerjasama atau kolaborasi dalam menjaga demi mewujudkan Kota Sukabumi yang aman, nyaman dan tertib.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024