Bogor (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat berkomitmen menjadi kota ramah bagi Lansia dengan membangun infrastruktur agar hidup mereka lebih berkualitas dan sejahtera.

"Kita akan membangun Kampung Lansia, kita sedang carikan lahannya," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, di Bogor, Rabu.

Bima menyebutkan, Kampung Lansia merupakan satu kawasan yang digunakan untuk pemberdayaan orang lanjut usia, agar kehidupannya lebih berkualitas.

Menurutnya, selama ini, Lansia yang terlunta-lunta, bahkan ada yang dititipkan ke Panti Jompo tetapi banyak yang tidak mau hidup di sana karena minimnya pelayanan.

"Pemerintah Kota Bogor berkomitmen membangun kota yang ramah Lansia," katanya.

Melalui pembangunan fisik, Pemerintah Kota Bogor akan membangun Taman Lansia yang terletak di Malabar dan juga Kampung Lansia yang sedang dicarikan lokasinya.

"Sekarang ini juga kita punya Taman Sempur yang ada fasilitas refleksi bagi orang tua untuk berolahraga fisik," katanya.

Ia menyebutkan, ada investor yang siap membantu program Pemerintah Kota Bogor yang ingin menjadi kota ramah keluarga dan Lansia dengan membangun Kampung Lansia.

"Sekarang tinggal mencari lokasinya, butuh area sekitar lima hektar," kata Bima.

Bima mengatakan, ia telah menyampaikan rencana tersebut kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSP) untuk mencarikan lahan tersebut.

"Kita sarankan di wilayah Kecamatan Bogor Selatan dengan berlatangbelakang Gunung Salak serta cuacanya mendukung," kata Bima.

Bima juga sudah meminta dinas terkait untuk berkoordinasi dengan camat setempat untuk mengecek lahan yang mungkin tersedia untuk pembangunan Kampung Lansia.

Rencananya Kampung Lansia memiliki konsep komprehensif dan terintegrasi, menyediakan fasilitas yang dibutuhkan para Lansia seperti rumah sakit khusus, fasilitas untuk para Lansia beraktivitas, sekolah khusus bagi perawat yang menangani para Lansia dan juga fasilitas bagi keluarga yang ingin mengunjungi.

Ide membangun Kampung Lansia disampaikan oleh Imron Cotan, mantan Duta Besa Indonesia untuk Tiongkok. Wacana tersebut disampaikan dalam pertemuan dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Senin (5/6) kemarin.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017