Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bersama Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar kegiatan sepeda gembira bertajuk "Semarak Fun Bike Kemerdekaan" pada peringatan HUT ke -79 RI.

"Door prize yang disiapkan itu ada 79 paket seperti motor, sepeda gunung, hingga peralatan elektronik dan tiga paket umroh sebagai grand prize," kata Ketua Kadin Kabupaten Bogor Sintha Dec Checawaty di Cibinong, Jumat.

Kadin dan Pemerintah Kabupaten Bogor juga menggandeng Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan dalam penyediaan sejumlah hadiah tersebut.

Ia mengungkapkan Semarak Fun Bike Kemerdekaan ini, digelar pada 10 Agustus 2024 mulai pukul 06.00 WIB dengan rute awal di Lapangan Tegar Beriman, Tugu Pancakarsa dan finish di Stadion Pakansari.

"Peserta kami kenakan biaya pendaftaran Rp50 ribu satu orang dan akan mendapat kupon doorprize dan kaos," kata Sintha.

Sintha juga menjelaskan akan ada bazar UMKM di area Stadion Pakansari serta berbagai hiburan lainnya. Kadin pun telah menyiapkan akses untuk melakukan pendaftaran bagi peserta lewat https://bit.ly.FUNBIKEKEMERDEKAAN 2024.

"Tentu masih banyak kegiatan lainnya. Fun bike ini hanya salah satu rangkaian peringatan HUT RI," ujarnya.

Sementara, Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menjelaskan pihaknya telah menyiapkan rangkaian acara menyambut HUT ke-79 RI mulai 1 Agustus 2024.

“Dimulai pada tanggal 1 Agustus, yakni kami akan menancapkan bendera merah putih di puncak Gunung Salak yang diikuti oleh para penggiat atau pecinta lingkungan, termasuk dari perangkat daerah se-Kabupaten Bogor,” ungkap Asmawa.

Di saat yang bersamaan akan dilakukan juga secara serentak pembagian bendera merah putih kepada seluruh kecamatan untuk didistribusikan kepada masyarakat.

Kemudian kegiatan lainnya adalah doa istighosah yang dipusatkan di Rest Area Gunung Mas, Puncak, diikuti oleh seluruh pejabat kecamatan, desa dan kelurahan se-Kabupaten Bogor melalui virtual.

“Selanjutnya, akan ada juga kegiatan lainnya seperti kirab merah putih dari Gedung Tegar Beriman sampai ke Stadion Pakansari dengan target peserta yang terlibat sebanyak 15.000 orang, dan ngaliwet babarengan yang diusahakan memecahkan rekor MURI,” ujar Asmawa.

Kemudian, di tingkat kecamatan, agenda lainnya adalah yang sifatnya sosial kemasyarakatan seperti bazar UMKM, Gerakan Pasar Murah, donor darah, pelayanan kesehatan, kependudukan, perizinan, perpajakan.

“Jadi semarak hari kemerdekaan tingkat Kabupaten Bogor ini sifatnya multi stakeholder, panitia bukan hanya dari Pemkab Bogor tapi melibatkan semua stakeholder seperti Kadin, organisasi profesi, BUMD, termasuk Forkopimda Kabupaten Bogor, camat, kepala desa dan lurah se-Kabupaten Bogor,” kata Asmawa.*

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024