Bogor (Antara Megapolitan) - Kementerian Perdagangan menggelar Pasar Murah Ramadhan 2017, dengan menyediakan ratusan paket sembako murah menyasar masyarakat di pelosok wilayah Barat Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Paket sembako senilai Rp100 ribu terdiri dari beras, minyak, gula, tepung dan sirop itu dijual seharga Rp50 ribu.

"Sesuai arahan Menteri, ingin masyarakat tersenyum saat Ramadhan," kata Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Kemendag, Syailendra.

Syailendra menyebutkan, Pasar Murah Ramadhan Kemendag di laksanakan serentak di empat lokasi yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Total ada 100 titik Pasar Murah, masing-masing menyediakan 500 paket sembako murah," katanya.

Menurutnya, ini tahun pertama Kemendag menyelenggarakan Pasar Murah Ramadhan dengan menyasar masyarakat di wilayah pelosok.

Untuk wilayah Kabupaten Bogor, pasar murah digelar di dua lokasi berbeda menyasar daerah paling ujung yakni di Kampung Kalong Dagu, Kecamatan Jasinga, dan Kecamatan Pamijahan.

"Kami menggandeng pondok pesantren untuk mengakomodir warga di wilayahnya, sehingga paket sembako murah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat bawah," katanya.

Setiap tahun di bulan Ramadhan, Kemendag menyelenggarakan Pasar Murah dipusatkan di Jakarta. Tahun ini, Kemendag berinovasi mengandeng swasta untuk menggelar Pasar Murah Ramadhan ke pelosok wilayah Indonesia.

"Ada 30 perusahaan yang bergerak diberbagai bidang ikut program ini," kata Syailendra.

Syailendra menambahkan, Pasar Murah Ramadhan ini menjadi bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Mengingat menjelang Ramadhan dengan harga sembako berfluktuatif membuat masyarakat tidak semuanya dapat menikmati kebutuhan pokok yang terjangkau.

"Kita berharap makin banyak perusahaan yang terlibat, sehingga jangkauan ke masyarakat jadi lebih luas, dan makin banyak masyarakat yang tersenyum," kata Syailendra.

Pasar Murah Ramadhan di Kampung Kalong Dagu dipusatkan di Pondok Pesantren Nurul Fikri, menggandeng perusahaan dari PT Sentra Usaha Tamajaya (SUJ), Medan Sugar Industry, Sukses Mantap Sejahtera dan Andalan Funindo.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017