Souvenir Lokal atau lebih dikenal dengan SOVLO tengah berulang tahun ke 4 dengan membuat acara art exhibition karya ilustrator lokal di Posbloc, Jakarta Pusat.

Acara ini dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno Sandiaga menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-4 bagi SOVLO, dimana saya secara pribadi sangat mengapresiasi karena SOVLO telah memberikan wadah serta ruang bagi para ilustrator lokal.

"Konsep Art You Can Wear yang diusung oleh SOVLO tidak hanya membawa seni lebih dekat ke masyarakat, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para seniman untuk memonetisasi hasil karya mereka sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi kreatif kita”, ungkapnya dalam keterangannya, Sabtu.

“Sesuai filosofi terasi sendiri, di mana terasi, sebagai penyedap rasa dalam masakan Indonesia, melambangkan bagaimana hal-hal sederhana dapat digabungkan untuk menciptakan sesuatu yang penuh makna dan kedalaman," tambahnya.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap ilustrator lokal, SOVLO hadir sebagai wadah baru bagi para ilustrator Indonesia untuk memamerkan karya mereka, memperluas relasi, berkolaborasi, dan meningkatkan wawasan, serta menjual karya-karya mereka dalam konsep "Art You Can Wear".

Acara dimulai dengan sangat meriah dengan adanya penampilan beragam tari-tarian tradisional Indonesia yang dibawakan oleh para penari dalam naungan Belantara Budaya Indonesia (BBI) serta penampilan apik menggunakan alat musik tradisional Sasando dengan sentuhan modern oleh Genzer & Friends.

TER4SI (Teras Inspirasi) sendiri adalah sebuah pagelaran eksibisi seni pertama dari SOVLO.

Tema 'TER4SI' dipilih menjadi tajuk karena “terasi” dalam masakan Indonesia tidak hanya sebagai penyedap rasa, tetapi juga menggambarkan bagaimana seni dan budaya dapat memperkaya hidup kita.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 12-14 Juli 2024 di Pos Bloc Jakarta, diharapkan akan menjadi acara tahunan yang selalu dinantikan.

Acara TER4SI ini juga merupakan sebuah puncak perayaan dari rangkaian acara ulang tahun SOVLO yang ke-4, dengan peluncuran "Limited Collaboration Series" dari dua illustrator ternama, Dinda PS dan Popomangun.

"TER4SI adalah format baru untuk ilustrator di Indonesia, di mana seni visual dan fashion bertemu dalam harmoni yang unik," kata Lidya Valensia, Founder SOVLO.

"Kami berharap TER4SI tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga sebuah pengalaman yang mendalam bagi para pengunjung untuk mengeksplorasi dan mengapresiasi seni serta budaya Indonesia." ujarnya.

Di ulang tahun yang ke-4 ini, SOVLO juga turut menyerahkan donasi kepada Belantara Budaya Indonesia yang langsung, sebagai bentuk dukungannya dalam melestarikan budaya Indonesia lewat seni.

Dalam kesempatan acara pagelaran puncak perayaan ulang tahun SOVLO yang ke-4 ini juga menampilkan beragam kegiatan menarik, seperti; “Artful Dialogues”, sebuah talkshow dengan para kreator dan ilustrator ternama Indonesia untuk mendalami inspirasi di balik karya-karya mereka dan perjalanan kisah sukses mereka, seperti Muklay, Dinda Puspitasari, Popomangun, dan masih banyak lagi.

Menurut seniman kenamaan, Popo Mangun mengatakan saya rasa perlu dibuat rutin acara seperti Talk Show semacam ini, tentu tujuannya jelas membuat ruang diskusi untuk teman-teman ilustrator dan para pelaku industri creative buat menjadi bahan pembelajaran bersama dari sebuah experience seseorang” ungkapnya.

Kemudian dalam acara ini akan turut menyuguhkan “Experience the Art”, yakni Instalasi seni yang unik, aktivitas seni, kelas menggambar, dan kelas Tari Tradisional gratis untuk memperkaya pengalaman seni dan budaya.

Dalam acara ini turut menyuguhkan “Trunk Show Koleksi dari Indonesia Cultural Heritage”, sebuah peragaan busana yang memperkenalkan bagaimana karya seni dapat dijadikan bagian dari busana dan aksesori sehari-hari.

Di kesempatan yang sama, Muklay salah satu narasumber dari event TER4SI menatakan “Dapet banget serunya bahkan sebelum acara, keren mulai dari nama acaranya sampai branding dan konten-konten di hari H Terasi. Tempat kumpulnya teman-teman dari dunia kreatif dan, semoga bisa saling berbagi inspirasi dan keseruan”

Pengunjung juga dapat merasakan keseruan lain dalam balutan konsep “Karaoke Night”, bertemakan karaoke dengan diiringi alat musik tradisional untuk menghadirkan nuansa tradisional yang berbeda sebagai bentuk pengalaman budaya yang lebih luas.

Kemudian tak kalah penting tentunya akan hadir secara eksklusif yakni “TER4SI Market”, tempat di mana para pengunjung dapat membeli koleksi “Art You Can Wear” hasil karya dari para illustrator lokal.

Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai suvenir lokal yang akan diberikan secara cuma-cuma untuk sahabat-sahabat SOVLO, seperti souvenir karya dari 48 ilustrator,  Anniversary Limited Merchandise berupa tas dan pouch. Berbagai instalasi karya seni pun disuguhkan untuk memberikan pengalaman seni tak terlupakan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024