Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengajak kalangan pemuda untuk memanfaatkan program bantuan pendidikan bertajuk "Pemuda Bekasi Berani Pintar" yang digulirkan pemerintah daerah setempat pada awal pekan ini.

Ketua KNPI Kabupaten Bekasi Nawawi Al Aksi mengatakan program tersebut bertujuan untuk mendorong pemuda berusia 16-30 tahun di 23 kecamatan agar bisa berkuliah di perguruan tinggi seluruh Indonesia.

"Kami tentu sangat mengapresiasi segala bentuk keterwakilan, langkah nyata dan berani dari Pemkab Bekasi untuk dapat membuat program ini terlaksana dengan baik," katanya di Cikarang, Rabu.    

Baca juga: Pemkab Bekasi luncurkan 100 paket bantuan pendidikan pintar

Ia mengatakan mengingat di Kabupaten Bekasi belum ada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maka program tersebut menjadi langkah nyata sebagai solusi mendorong generasi muda memperoleh pendidikan hingga ke jenjang Strata 1. 

Nawawi mengajak seluruh pemuda di Kabupaten Bekasi untuk memanfaatkan program yang sangat penting ini guna meningkatkan kompetensi sesuai bidang yang diminati. 

"Program ini sudah dicanangkan dan bila dapat dimaksimalkan, sangat mungkin sekali akan meluas implikasinya pada dunia pendidikan, terutama bagi mereka yang memiliki kendala mengakses dunia perkuliahan," katanya.  

Baca juga: Baznas Bekasi salurkan bantuan pendidikan untuk 2.070 pelajar

Dia berharap penerima beasiswa program ini nanti mampu bertanggung jawab dalam memanfaatkan bantuan secara bijak. Selain itu ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat untuk bersinergi membangun Kabupaten Bekasi. 

Dirinya juga membuka akses seluas-luasnya bagi pemuda yang masuk dalam program beasiswa ke perguruan tinggi ini untuk dapat bergabung dan berperan aktif menjadi anggota KNPI.

"Kami berharap setelah lulus nanti bisa berkontribusi aktif dalam pembangunan di Kabupaten Bekasi juga paralel selagi menjalani dapat bergabung dalam organisasi KNPI Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi siapkan 1.000 beasiswa bagi pelajar dari keluarga prasejahtera ke sekolah swasta

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengatakan program bantuan pendidikan pintar bagi pemuda ini diberikan kepada 100 orang penerima yang terpilih melalui proses seleksi.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024