Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Jawa Barat, merelokasi pedagang Pasar Induk Teknik Umum (Tekum) ke blok lain pascakebakaran di Blok C16 dan C17 pada Senin (1/7/2024).

Direktur Utama Perumda PPJ Jenal Abidin di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, mengatakan saat ini pihaknya sedang mendata berapa pedagang yang harus direlokasi. Dari dua blok tersebut, jumlah los yang terbakar ada sekitar 60.

“Rencana kami lakukan relokasi dulu ke blok lain yang ada di pasar, sambil membetulkan lapak yang terbakar. Ada juga pedagang yang juga beres-beres lapak,” katanya.

Ia menjelaskan dari kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa. Terdata ada satu pedagang yang mengalami luka ringan, namun sudah diberikan penanganan.

Baca juga: DPKP Kota Bogor kerahkan 8 unit mobil damkar untuk padamkan kebakaran Pasar Induk Tekum

Di samping itu, Jenal memastikan distribusi barang keluar dan masuk pasar masih terkendali dan berjalan seperti biasa. Termasuk suplai sayur-mayur ke pasar-pasar lain.

"Alhamdulillah, distribusi barang keluar masuk pasar masih terkendali, berjalan seperti biasa. Dari 24 blok yang ada, yang terkena dampak kebakaran dua blok, C16 dan C17," jelasnya.

Lebih lanjut, Jenal menyebutkan kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai sekitar Rp2 miliar. Kerugian itu meliputi semua barang yang ada di Blok C16 dan C17, termasuk dagangan dan alat-alat pedagang.

Baca juga: Puluhan los di Pasar Induk Tekum Kota Bogor kebakaran pada Senin sore

Oleh karenanya, Jenal mengatakan Perumda PPJ merencanakan perbaikan dua blok tersebut dalam waktu dekat.

"Perbaikan sedang direncanakan, mudah-mudahan dalam waktu dekat. Anggarannya sedang dihitung tim kami," ucapnya.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024