Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat menggelar diskusi terkait evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa tahun 2024.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan kunci utama mendukung percepatan transformasi ekonomi desa meliputi pengelolaan yang transparan, akuntabel, dan tepat sasaran, serta sumber daya manusia unggul dalam membangun komitmen menciptakan pembangunan desa.

"Sehingga kita juga perlu memastikan sumber daya manusia yang membangun komitmen untuk menciptakan pembangunan desa yang inklusif dan berkelanjutan," katanya di Cikarang, Jumat.

Baca juga: Mulia Group gandeng KLHK dukung pembangunan berbasis lingkungan hidup
Baca juga: Pemkab Bekasi beri perhatian khusus pembangunan infrastruktur Muaragembong

Dirinya menginginkan partisipasi aktif para peserta diskusi untuk menyerap ilmu pengetahuan sebagai pelatihan pengelolaan keuangan di lapangan, termasuk strategi meningkatkan akuntabilitas, mekanisme pengawasan, serta langkah konkret dari transformasi desa.

"Mengingat pentingnya optimalisasi pengelolaan desa, saya berharap melalui diskusi ini kita bisa menemukan langkah solutif atas berbagai persoalan optimalisasi pengelolaan keuangan desa yang efektif dan efisien," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi secara berkesinambungan juga memberikan apresiasi kepada desa berprestasi mengelola keuangan sebagai bentuk stimulus bagi desa-desa lain untuk terus maju dan berkembang.

Baca juga: Pemkab Bekasi apresiasi peran perempuan sebagai aktor strategis dalam pembangunan

Pada kesempatan kali ini Desa Sukamekar, Kecamatan Sukawangi mendapatkan apresiasi tertinggi dalam aspek pengelolaan keuangan, disusul Desa Sukahurip di Kecamatan Sukatani, serta Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu.

Kemudian desa berprestasi kategori pengelolaan aset diraih Desa Medal Krisna dan Desa Bojongmangu di Kecamatan Bojongmangu, serta Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan.

Terakhir kategori pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berperstasi dimenangkan Desa Serang, Kecamatan Cikarang Selatan, disusul Desa Mekarsari di Kecamatan Tambun Selatan, serta Desa Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024