Perenang asal Kabupaten Bekasi ditargetkan mampu meraih 12 medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara pada 8-20 September 2024 untuk kontingen Provinsi Jawa Barat.

"Target 12 emas dari total 40 nomor yang dipertandingkan. Di PON Papua lalu kita meraih 10 emas," kata Ketua Cabang Olahraga Akuatik Indonesia Kabupaten Bekasi Wanto di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan atlet renang asal Kabupaten Bekasi saat ini menjalani pemusatan latihan daerah yang digelar pengurus akuatik provinsi di Gelanggang Olahraga Padjajaran Bandung sebagai persiapan menuju ajang olahraga terbesar di tanah air itu.

"Atlet kita sedang mengikuti training center sejak Bulan Januari lalu. Total ada 10 atlet asal Kabupaten Bekasi dari total 22 atlet yang memperkuat kontingen Jawa Barat," katanya.

Baca juga: Fadlan, perenang andalan Kabupaten Bekasi berjaya di Malaysia

Mereka antara lain Aflah Fadlan Prawira, Reza Bayu, Muhammad Dwiky Raharjo, Emirshah Alfach Fadhil, Muhammad Zidane, Prada Hanan Farmadini, Adinda Kusumah Ningrum, Virgin Silvia Natan, Naura, dan Rahmalia Azzahra.

Ia mengaku capaian 12 keping emas merupakan target yang realistis mengingat perenang-perenang asal Kabupaten Bekasi memiliki prestasi hingga level internasional.

Salah satu perenang andalan Kabupaten Bekasi yang berhasil tampil di ajang Olimpiade Tokyo 2020 berkat catatan waktu terbaiknya Aflah Fadlan Prawira menjadi salah satu tumpuan kontingen Jawa Barat untuk mendulang banyak medali emas.

Baca juga: Perenang Kabupaten Bekasi tambah tiga medali emas Porprov Jabar

Di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024, Fadlan turun di 13 nomor antara lain gaya bebas 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800 meter, dan 1.500 meter. Kemudian gaya ganti 200 meter dan 400 meter, gaya kupu-kupu 100 meter dan 200 meter. Serta renang perairan terbuka 10.000 meter dan tiga nomor renang estafet.

Selain Fadlan, atlet Kabupaten Bekasi lain pun mempunyai peluang yang sama untuk meraih medali emas seperti Reza Bayu dan Muhammad Dwiky Raharjo.

"Semua atlet yang kita turunkan merupakan perenang terbaik dan paling diandalkan untuk kontingen Jawa Barat," katanya.

Baca juga: Perenang Kabupaten Bekasi sumbang empat medali emas Porprov Jabar

Wanto berharap seluruh perenang asal Kabupaten Bekasi dapat terus memacu kemampuan selama masa karantina di pemusatan latihan daerah yang tengah berlangsung sehingga target yang dicanangkan bisa tercapai.

"Ini menjadi tekad dan komitmen segenap pengurus cabang akuatik serta induk kami yakni KONI Kabupaten Bekasi untuk mendukung Jawa Barat meraih hattrick juara PON di Aceh dan Sumatera Utara mendatang," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024