Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menyebut kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji asal Subang telah tiba dengan selamat di Bandara Kertajati di Majalengka setelah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

“Kloter pertama dari Subang berjumlah 440 orang haji sudah tiba di Bandara Kertajati pagi ini,” kata Bey di Majalengka, Minggu.

Ia menjelaskan jamaah haji ini sebelumnya melakukan perjalanan udara menggunakan pesawat khusus milik maskapai Saudi Arabia Airlines yang diterbangkan langsung dari Arab Saudi pada Sabtu (22/6).

Baca juga: PPIH Arab Saudi imbau jamaah Indonesia Salat Jumat di hotel saja

Dari hasil tinjauannya, Bey memastikan kepulangan jamaah haji asal Subang ke tanah air berjalan lancar dan tanpa kendala.

“Semua berjalan lancar dan aman, semua fasilitas yang disiapkan menunjang proses pemulangan jamaah haji ini,” ujarnya.

Setibanya di Bandara Kertajati, jamaah haji diarahkan ke ruang tunggu untuk mengikuti serangkaian prosedur seperti pemeriksaan dokumen keimigrasian dan lainnya.
Bey mengatakan proses ini tidak memakan waktu lama dan jamaah haji bisa segera menaiki bus untuk diantarkan ke daerah asalnya.

Baca juga: Saudi: Sebagian besar korban meninggal di musim haji 2024 dari jamaah tak berizin

“Kloter pertama dari Subang, mereka menunggu sebentar di ruang tunggu, kemudian mengikuti pemeriksaan imigrasi dan langsung berangkat lagi. Semua dilakukan berbarengan,” katanya.

Ia menyampaikan jamaah haji asal Kota Bandung juga sudah mendarat dengan selamat di Bandara Kertajati hari ini. Kemudian secara bertahap disusul oleh kloter lainnya sesuai jadwal kepulangan.

Bey menambahkan, seluruh haji asal Jabar sudah mendapatkan fasilitas dan sarana yang memadai, selama menunaikan ibadah di Tanah Suci.

“Rata-rata para haji menyampaikan baik fasilitasnya, makan cukup dan nyaman di tenda-tendanya. Mereka mengaku masih betah di sana (Arab Saudi),” ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024