Satpol PP DKI Jakarta menyisir ranjau paku di beberapa ruas jalan yang dilewati atlet maraton menjelang penyelenggaraan Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 untuk keselamatan.

"Tidak menutup kemungkinan ada paku-paku. Kami lakukan pembersihan. Anggota kami kan punya alat berbahan magnet untuk melakukan pembersihan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta Arifin di Jakarta, Jumat.

Namun, dia tak merinci jalan mana saja yang dilakukan penyisiran dan jumlah paku yang sudah didapatkan.

Baca juga: DKI akan tutup 36 ruas jalan saat berlangsungnya Jakarta Internasional Maraton 2024

Selain menyisir ranjau paku, Arifin juga mengatakan para petugas melakukan penjangkauan (penertiban) pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS).

Satpol PP DKI Jakarta dalam rangka mendukung JAKIM 2024 pada 23 Juni juga memberikan sosialisasi perhelatan tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta itu pada warga.

"Ke penghuni seluruh gedung gedung yang dilintasi juga sudah sosialisasi agar sama sama bisa mendukung, menginformasikan kepada penghuni untuk ikut menyaksikan dan meramaikan," kata dia.

Baca juga: BTN siapkan hadiah Rp3 miliar untuk peserta Jakarta International Marathon 2024

Adapun demi menjaga keamanan dan kelancaran acara, Satpol PP menyiagakan sebanyak 2.435 orang personel yang ditempatkan di berbagai titik sepanjang lintasan lari dan di lokasi berlangsungnya acara hiburan yang ditampilkan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Arifin menuturkan jumlah personel yang diturunkan memang cukup besar mengingat skala acara dan demi memastikan para pelari tidak terganggu selama kegiatan berlangsung.

"Bagaimana anggota kami memastikan tidak ada kendaraan yang melintas, tidak ada orang yang lalu lalang di kawasan tersebut," tutur dia.

Baca juga: Ini 17 titik lokasi parkir yang disiapkan saat Jakarta International Marathon

Sementara itu, terkait Jakarta International Marathon 2024, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan akan melakukan penutupan 36 ruas jalan di sebagian Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan sejak pukul 02.00 WIB hingga 12.00 WIB pada 23 Juni 2024. Lalu, rekayasa lalu lintas dimulai ada Sabtu, 22 Juni 2024 mulai pukul 21.00 WIB.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024