Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terpilih periode 2024-2029 berdasarkan hasil pemilu legislatif dijadwalkan dilantik serta diambil sumpah dan janji pada 5 September 2024.

Pelaksana tugas Sekretaris DPRD Kabupaten Bekasi Rismanto mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah serta janji anggota DPRD Kabupaten Bekasi disesuaikan dengan akhir masa jabatan periode sebelumnya, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Untuk pelantikan kami tetap mengacu aturan lama. Masa bakti anggota DPRD Kabupaten Bekasi 2019-2024 mengucap sumpah dan janji pada 5 September 2019. Jadi kalau masa baktinya lima tahun berarti akan berakhir 5 September 2024 sehingga kalau tidak ada perubahan tanggal itu kita laksanakan pelantikan anggota DPRD periode 2024-2029," katanya di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan sejauh ini persiapan pelantikan telah dilaksanakan dengan menjalin koordinasi bersama KPU Kabupaten Bekasi menyangkut proses administrasi dan kelengkapan lain hingga anggota terpilih menerima Surat Keputusan (SK).

"Kita masih mengumpulkan kelengkapan administrasi, berkas-berkas anggota dewan terpilih, termasuk salah satunya tanda terima penyampaian LHKPN mereka," katanya.

Berkas-berkas administrasi tersebut kemudian akan diteruskan Pemerintah Kabupaten Bekasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mendapatkan SK dari gubernur.

"Setelah mendapat SK Gubernur Jawa Barat, mereka akan menjalani prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota dewan terpilih," katanya.

Rismanto mengungkapkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota dewan terpilih hasil Pileg 2024 direncanakan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bekasi dalam agenda sidang paripurna istimewa.

"Kami tentunya akan berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi apa yang menjadi keperluan para anggota DPRD," ucapnya.

KPU Kabupaten Bekasi pada Kamis (13/6) telah menetapkan calon legislatif terpilih hasil Pileg 2024 berikut penetapan perolehan kursi anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2024-2029.

Pada Pileg 2024, Partai Golkar meraih 10 kursi DPRD Kabupaten Bekasi, disusul Gerindra dan PDI Perjuangan dengan delapan kursi, serta PKS dan PKB dengan tujuh kursi.

Kemudian Partai Demokrat dengan empat kursi, Partai Nasdem dan PAN masing-masing tiga kursi, Partai Buruh dan PPP memperoleh dua kursi, serta satu kursi didapatkan PBB. KPU juga menetapkan 55 nama caleg terpilih yang akan dilantik.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024