Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan Hari Raya Idul Adha mengajarkan umat peduli terhadap sesama tanpa melihat suku, warna kulit, latar belakang, budaya maupun agama.

"Idul Adha 1445 H ini harus dijadikan momen untuk meningkatkan kepedulian kita, khususnya kaum Muslimin dengan memberikan pengorbanan untuk membahagiakan sesama," katanya usai melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H di Lapang Ponpes Attaufiqiyyah, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Senin.

Menurut Marwan, hari raya ini memiliki banyak hikmah yang bisa didapat seperti membentuk pribadi yang semakin tinggi rasa keikhlasannya, penyabar, hingga meningkatkan rasa kepedulian sosial kepada sesama dengan tujuan akhir membentuk pribadi Muslim yang berkualitas yang peduli terhadap siapapun.

Baca juga: Pemkab Sukabumi pantau persediaan dan harga pangan jelang Idul Adha 1444 H

Seperti dalam hadis riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW menjelaskan dasar hukum qurban adalah di setiap bulu hewan yang disembelih terdapat kebaikan. Ini mengajarkan Muslim untuk selalu berbuat kebaikan di mana pun berada.

Selain itu, hikmah lainnya yang dapat diperoleh dengan cara berkurban adalah memberikan rasa suka cita terhadap siapapun, meskipun tidak seluruh warga bisa berkurban, tetapi kebahagiaan tetap dirasakan oleh seluruh masyarakat.

"Berkurban bukan hanya sebatas menyembelih hewan kurban dan membagikan dagingnya kepada masyarakat, tetapi yang paling penting adalah hikmahnya yakni membentuk pribadi yang ikhlas dan peduli terhadap sesama tanpa mengenal latar belakang orang lain," ucapnya.

Baca juga: DKP3 Kota Sukabumi tingkatkan pengawasan peredaran hewan kurban

Marwan mengatakan salah satu hal yang paling mudah diucapkan tetapi sulit dilaksanakan adalah ikhlas. Maka dari itu, pihaknya berharap momen Idul Adha ini bisa dijadikan sebagai ajang melatih diri untuk menjadi individu yang penuh dengan keikhlasan.

Di perayaan Hari Raya Idul Adha ini tidak hanya memberikan rasa suka cita bagi kaum Muslimin, tetapi seluruh umat beragama, diiringi dengan semangat berkurban diharapkan seluruh warga Kabupaten Sukabumi bisa menjadi lebih sejahtera, meningkatkan perekonomian dan sebagai daerah yang menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, berkompeten dan berakhlak.

Baca juga: Wali Kota Sukabumi pantau proses penyembelihan hewan kurban

Usai melaksanakan Shalat Ied di lapang Ponpes Attaufiqiyyah, Marwan bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi dan didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sukalarang bersilaturahmi dengan masyarakat dan santri.

Orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini pun menyerahkan satu ekor sapi kepada panitia penyembelihan hewan kurban yang berada di sekitar lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H.*

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024