Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) kembali menggelar turnamen bulu tangkis FISIP UI Open untuk ke-8 kalinya dan diikuti oleh 1.085 peserta.

Dekan FISIP UI Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto di Kampus UI Depok, Jumat, mengatakan bangga dipercaya oleh PBSI menjadi bagian dari turnamen nasional PBSI.

Hadir dalam konferensi pers ini Ketua Umum Pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Agung Firman Sampurna dan juga Ketua Umum KONI Depok Heri Suprianto.

Semiarto Aji Purwanto berharap melalui FISIP UI Open dapat berkontribusi dalam mengembangkan olahraga bulu tangkis nasional di Tanah Air dan melahirkan bibit-bibit unggul yang kelak akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Baca juga: FISIP UI masih menunggu jadwal kehadiran Prabowo beri kuliah kebangsaan

Tahun ini merupakan momen bersejarah bagi FISIP UI, karena untuk pertama kalinya FISIP UI Open menjadi bagian resmi dari kalender nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), dengan status turnamen swasta nasional.

Ini mengukuhkan FISIP UI sebagai Kampus Bulu Tangkis Nasional, karena FISIP UI adalah perguruan tinggi pertama dan satu-satunya yang dipercaya oleh PBSI untuk menyelenggarakan turnamen bulu tangkis di bawah PBSI.

Dengan status sebagai turnamen swasta nasional, FISIP UI Open memiliki jangkauan yang lebih luas untuk berkontribusi terhadap pengembangan bulu tangkis di Tanah Air.

Bekerja sama dengan PBSI, FISIP UI Open kini memiliki sistem poin ranking, memungkinkan atlet untuk mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk perhitungan di peringkat nasional.

Dengan sistem poin ranking ini, FISIP UI Open juga mengajak ribuan atlet pelajar untuk meraih prestasi. Hal ini pun selaras dengan tema FISIP UI Open 2024, yaitu “Kepal Jari Raih Prestasi” yang terinspirasi oleh slogan mahasiswa UI, “Kepal Jari Jadi Tinju”.

Baca juga: FISIP UI gelar kuliah kebangsaan bagi tiga putra terbaik Indonesia

Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi representasi bagaimana olahraga dapat mendukung kegiatan akademik.

Sementara itu, Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna mengatakan penyelenggaraan turnamen FISIP UI Open menambah ragam kompetisi olahraga bulutangkis di tanah air.

Terutama setelah menjadi bagian dari kalender PBSI, FISIP UI Open menjadi ajang bulutangkis bergengsi yang tidak saja berpotensi melahirkan atlet berprestasi, tetapi juga memperluas kiprah FISIP UI dalam pengembangan olahraga di tanah air, khususnya olahraga bulutangkis.

FISIP UI Open 2024 yang akan digelar pada 19-26 Juni 2024 di Balairung UI ini menerima pendaftaran sebanyak 1.125 peserta dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum KONI Depok Heri Suprianto berharap even-even nasional bulutangkis sering dilakukan di Kota Depok, agar muncul bibit unggul.

"Kami mendukung kegiatan turnamen bulutangkis FISIP UI sebagai ajang pencarian bibit unggul," katanya.


Baca juga: FISIP UI gelar kuliah kebangsaan oleh mantan gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Sebanyak 1.085 peserta dinyatakan lolos verifikasi dan akan berpartisipasi dalam 22 nomor pertandingan dengan kelompok umur yang beragam, mulai dari kelompok usia dini (U-11) hingga dewasa (>19).

Para peserta FISIP UI Open 2024 berasal 14 provinsi, mulai dari Sumatera Utara hingga Sulawesi Utara.

Selain mendapatkan poin yang akan berpengaruh terhadap ranking pada skala nasional, para peserta juga akan memperebutkan hadiah uang tunai total sebesar Rp179 juta.

Selain aspek turnamen yang berstandar nasional, panitia FISIP UI Open 2024 juga akan menghadirkan berbagai tenant dan aktivitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung, seperti makanan dan minuman yang lebih beragam, serta berbagai pilihan area foto yang menarik.

“Selain menyiapkan infrastruktur sesuai dengan standar nasional untuk kelancaran turnamen, kami juga telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung penyelenggaraan turnamen ini, demi memberikan kenyamanan dan kemudahan, tidak hanya bagi para peserta dan pendamping, namun juga bagi para penonton dan pengunjung yang datang ke Balairung UI,” ujar Ravinoldy Boer, Ketua Panitia FISIP UI Open 2024.

FISIP UI Open 2024 memiliki tujuan untuk membawa olahraga sebagai gaya hidup, baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun dalam kehidupan dan pengembangan akademik.

Kegiatan ini menjadi penting dalam meneguhkan posisi olahraga untuk menunjang perkembangan akademik dan sesuai dengan visi dan misi FISIP UI untuk menjadi kampus terdepan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional dan internasional.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024