Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menangani dampak banjir yang merendam 12 unit rumah di Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Rabu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor M Adam Hamdani mengungkapkan timnya sudah melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur kebencanaan.

Petugas BPBD Kabupaten Bogor melakukan penyedotan genangan air menggunakan mesin pompa di rumah-rumah warga. Kemudian juga membantu warga membersihkan sisa-sisa lumpur yang terbawa dari sungai.

Baca juga: BPBD Bogor evakuasi banjir-longsor di Gunung Sindur
Baca juga: BPBD Bogor tangani dampak banjir dan longsor di Gunung Sindur

Ia mengungkapkan peristiwa banjir akibat luapan sungai itu terjadi sejak pukul 17.00 WIB saat hujan deras.

"Dikarenakan hujan deras dengan intensitas tinggi dan meluapnya aliran Kali Cilame, sehingga mengakibatkan banjir ke pemukiman warga dengan ketinggian sekitar 1 meter," ungkap Adam.

Sebanyak 12 unit rumah yang terendam tersebut dihuni oleh 16 KK terdiri atas 67 jiwa. Sebanyak lima KK atau 20 jiwa di antaranya terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya masih di alamat yang sama.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor imbau masyarakat waspadai cuaca ekstrem

"Air sudah surut pada pukul 18.30 WIB dan tim sedang membersihkan lumpur dengan metode penyemprotan serta penyedotan air yang menggenang di dalam rumah warga," ujarnya.

Adam menyebutkan, bencana banjir tersebut tidak menyebabkan korban jiwa dan tidak menyebabkan kerusakan pada bangunan milik warga maupun sarana dan infrastruktur lingkungan.

Namun, kata dia, tetap membutuhkan penanganan lebih lanjut dari dinas terkait, karena masyarakat setempat membutuhkan bantuan logistik.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024