Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila (Fikom UP) menggelar International Sustainable Film Festival (ISFF) dengan tema "Awakening Our Youth" di Aula Nusantara Fakultas Hukum UP, Jakarta, Sabtu.

Rangkaian acara dimulai dengan diskusi film dan dilanjutkan dengan awarding ceremony bagi para pemenang kompetisi film.

Total 39 film bertema Sustainable Development Goals (SDG's) mengikuti kompetisi yang dibagi ke dalam tiga kategori yaitu kategori pelajar, fiksi umum dan perguruan tinggi, dan dokumenter umum dan perguruan tinggi.

Terdapat 3 pemenang dari masing-masing kategori yang dipilih oleh tiga orang juri, yakni produser dan sutradara Monty Tiwa, aktor Ricky Wattimena, serta praktisi media dan dosen Fikom UP Joko Utomo Hadibroto.

Sementara sutradara dan penulis naskah Riri Riza hadir sebagai pembicara dalam kegiatan diskusi.

Sebagai praktisi film yang telah mendapat banyak penghargaan nasional dan internasional, Riri Riza membagikan pengalaman seputar film dan pandangannya mengenai keberlanjutan.

Dekan Fikom UP Anna Agustina, Ph. D mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengajak generasi muda untuk lebih memahami tema keberlanjutan melalui karya film.

"Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat, khususnya generasi muda, pelajar, dan mahasiswa dapat memahami pentingnya memerhatikan keberlanjutan dalam kehidupan mereka sehari-hari," ucap Anna.

Sedangkan Ketua Panitia acara, Sofia Primalisanti Devi, M.Si menyatakan bahwa saat ini tema keberlanjutan menjadi perhatian masyarakat dunia, dan film dapat menjadi medium efektif yang dapat digunakan untuk menyebarkan nilai-nilai keberlanjutan.

"Generasi muda akan lebih mudah memahami isukeberlanjutan melalui karya film, oleh sebab itu tema keberlanjutan penting untuk diterjemahkandalam bentuk audio visual sehingga dapat ditonton seluas-luasnya oleh masyarakat," ujarnya.

Tema "Awakening Our Youth" dipilih untuk mengajak generasi muda bergerak dan berbuat sesuatubagi keberlanjutan lingkungan.

Selain diskusi film dan awarding ceremony, acara ini juga diisi oleh hiburan berupa penampilan musik dan stand up comedy yang diisi oleh mahasiswa dan alumni Fikom UP. 

Hasil lengkap International Sustainable Film Festival 2024

Juara kategori dokumenter mahasiswa dan umum:
Juara 1
Judul film: Jak Angel
Karya: Tim Fikom UP

Juara 2
Judul film: Mata Air
Karya: DAAI TV

Juara 3
Judul film: Jembatan Menuju Cita-cita.
Karya: Kintan Basari

Juara kategori fiksi mahasiswa dan umum
Juara 1
Judul film: Hi Desember
Karya: Brian Fikom UP

Juara 2
Judul film: Bapak Ini Harus Remedi!
Karya: Movieart Studio

Juara 3
Judul film: Emang Boleh
Karya: Basamo Production

Juara kategori fiksi pelajar
Juara 1
Judul film: Urai
Karya: Ahmad Maylandri

Juara 2
Judul film: Salvador
Karya: Hanif Faththan

Juara 3
Judul film: Oh Ternyata
Karya: Erland Saputra

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024