Jakarta (Antara Megapolitan) - Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Masyarakat Universitas YARSI (LPM-UY) menggelar seminar nasional bertajuk 'Otomasi Perpustakaan Berbasis SLiMS Sebagai Wujud Pemberdayaan Pengelola Perpustakaan' sekaligus pelatihan. 

"Melalui kegiatan seminar dan pelatihan ini diharapkan dapat membawa pencerahan, dapat membuka pikiran serta menambah wawasan bagi para peserta dalam hal ilmu perpustakaan sehingga dapat diaplikasikan di instansi masing-masing," kata bagian Publikasi pelaksana seminar nasional, Pranajaya, di Jakarta, Selasa. 

Menurut Pranajaya, kegiatan seminar sekaligus pelatihan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas YARSI ke-50 pada 27 April 2017 dan peringatan Hari Pendidikan Nasional.

"Kenapa kita mengambil tema seminar sekaligus workshop Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS, red) karena kita melihat System SLiMS mudah dipelajari dan penting untuk diketahui," katanya.

Pranajaya mengatakan dalam seminar nasional tersebut hadir para pakar SLiMS seperti Wardiyono SS, MBA dan HendroWicaksono SIP, M.Hum. Kedua narasumber merupakan SLiMS Developer Community sekaligusdosen S-1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI. 

"Pelatihan dibagi menjadi dua kelompok peserta, yaitu kelompok pemula dan Kelompok lanjutan. Pembagian kelompok dilakukan agar pelatihan berjalan semakin intensif," terangnya.

Pranajaya menambahkan, setiap instruktur di masing-masing kelas dibantu oleh fasilitator yang berpengalaman diantaranya dari Tim Senayan Developer Community (SDC) dan fasilitator internal YARSI.

"Alhamdulilah, seminar dihadiri oleh sekitar 200 orang para pengelola perpustakaan, dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia seperti, Banten, Kalimantan Barat, Ambon, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DKI Jakarta," ungkapnya.

Dalam seminar tersebut tampak hadir Wakil Rektor Bidang III Pengabdian Masyarakat sekaligus ketua LPM Universitas YARSI, dr. H. Sonny PamudjiLaksono, MKes, AIFM, Dekan FTI, Dr Vitri Tunjungsari ST.M. Sc dan Kaprodi Ilmu Perpustakaan Nita Ismayati S.IP.,M.Hum.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017