Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mengintensifkan pemantauan dan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha.

Kepala DKPP Kota Bogor Chusnul Rozaqi di Kota Bogor, Senin, memastikan pemerintah hadir dalam memberikan pelayanan terkait ketersediaan hewan kurban yang sehat dan memiliki kualitas daging yang baik.

Ia menyampaikan, DKPP bekerja sama dengan sekolah vokasi, fakultas kedokteran hewan dan perhimpunan dokter hewan akan melakukan pemantauan sampai selesai pemotongan hewan kurban pada Idul Adha nanti.

Baca juga: Pemkab Bogor gandeng IPB periksa kesehatan hewan kurban jelang Idul Adha

“Nantinya petugas akan mobile memeriksa ke lapak-lapak serta di tempat penyembelihan. Kita juga kerja sama dengan Kemenag, MUI dan DMI, kita koordinasi terus,” ujarnya.

Kabid Peternakan DKPP Kota Bogor Anizar menjelaskan, untuk kesiapan pelaksanaan kurban pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku.

“Jadi kita pastikan seluruh hewan kurban itu diperiksa kesehatannya. Tim dari Kota Bogor mulai hari ini sudah terjun ke lapangan. Nanti dicek dan setelah terbukti sehat, kita beri surat keterangan kesehatan,” ucapnya.

Baca juga: DKPP Kota Bogor sebut harga hewan kurban naik

Dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban, Anizar mengatakan DKPP Kota Bogor mendapat bantuan dari berbagai pihak dengan total keseluruhan sekitar 360 personel.

“Petugas banyak dan Insya Allah cukup, karena jumlah DKM di Kota Bogor juga cukup banyak, lebih kurang ada 800 DKM,” kata Anizar.

Ketersediaan hewan kurban di Kota Bogor, menurut dia, selain berasal dari peternak dalam kota juga dari wilayah lain di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan NTB.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024