DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membagikan sejumlah penghargaan bagi tokoh masyarakat yang memiliki peran pengabdian pada peringatan Hari Jadi Bogor atau HJB ke-542.

Ketua DPRD Rudy Susmanto menyerahkan langsung piagam penghargaan beserta dana apresiasi masing-masing senilai Rp10 juta di sela-sela Rapat Paripurna Istimewa yang berlangsung di Gedung DPRD, Cibinong, Senin.

Penghargaan tersebut diberikan kepada tiga tokoh Kabupaten Bogor. Pertama, tokoh pelestari budaya Sukarna Natawiria yang sejak tahun 1970 membina generasi muda di Saung Komara Sunda berlokasi di Kelurahan Ciriung, Cibinong.

Baca juga: DPRD gelar Rapat Paripurna Istimewa HJB ke-542 tampilkan budaya hingga satwa
Baca juga: Pj Bupati Bogor harap "Hujan Trail" jadi acara rutin HJB

"Beliau mencetak generasi muda berprestasi di bidang musik, seni tari, karawitan, gamelan, dan sampai sekarang masih istikomah," ungkap Rudy.
 
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menyambut tamu rapat paripurna istimewa peringatan HJB ke-542 di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/6/2024). ANTARA/M Fikri Setiawan


Kedua, penghargaan diberikan kepada tokoh pelestari lingkungan hidup, Sutanandika seorang inisiator Gerakan Cisadane Resik. Ia getol mengajak generasi muda peduli terhadap kebersihan sungai.

Ketiga, penghargaan untuk tokoh peduli pendidikan anak yatim, Arif Suratman yakni pencetus Lumbung Yatim. Pria asal Desa Situasi, Cileungsi ini membantu anak-anak yatim yang putus sekolah karena berbagai macam alasan agar tetap bisa menerima pendidikan sejak 2013.

Baca juga: Pemkab Bogor tebar bibit ikan hingga tanam pohon semarakkan HJB ke-542

Pada rapat paripurna istimewa itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan juga turut memberikan dana apresiasi bakti untuk keluarga almarhum Muhamad Lutfi Bagas Putra senilai Rp42 juta.

Luthfi merupakan staf Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan di Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor yang meninggal karena menderita sakit pada 21 April 2024.

DPRD Kabupaten Bogor memadukan pertunjukan budaya, sejarah, hingga penampilan satwa pada Rapat Paripurna Istimewa peringatan HJB kali ini.

Di samping itu, DPRD juga berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dan stakeholder menyediakan berbagai layanan publik seperti SIM keliling, pengurusan Adminduk, dan layanan kesehatan dari RSUD Cibinong.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024