Ribuan warga Kota Bogor Jawa Barat menyaksikan pawai helaran (pertunjukan berbagai jenis kesenian daerah) Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542 yang dilakukan dari Jalan Ir H Juanda dan berpusat di Jalan Jenderal Sudirman, Minggu.

Sekitar 900-an penampil mulai dari drumband, budaya sunda, wayang bambu, Mojang Jajaka, sepeda ontel, liong, barongsay, tarian-tarian dari berbagai sanggar, jempana dari enam kecamatan, dan lainnya memeriahkan puncak HJB ke-542 tahun 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari usai helaran mengatakan, helaran hari ini berjalan sangat meriah dan penuh khidmat.

Hery bersama jajaran Forum Koordinasi  Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor berjalan dari Balai Kota Bogor, hingga ke Jalan Jenderal Sudirman.

Baca juga: Antusias warga saksikan pawai Helaran Seni Budaya Nusantara
Baca juga: Ini rute pawai Helaran HJB ke-537

Ia pun menikmati penampilan-penampilan yang dihadirkan sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB, bersama ribuan warga yang antusias menikmati acara.

Hery mengakui, mulanya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor hanya ingin memperingati HJB secara sederhana. Namun, pihaknya menerima banyak aspirasi dari masyarakat agar HJB dirayakan.

“Saya kira kemeriahan, kekhidmatan tidak berkurang ya. Meskipun mungkin kita ingin lebih sederhana, tapi aspirasi masyarakat luar biasa sehingga mudah-mudahan tetap khidmat dan meriah seperti yang tadi kita saksikan,” katanya.

Penampilan barongsay dalam perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542 di Kota Bogor, Minggu (2/6/2024). ANTARA/Shabrina Zakaria.

Dalam perayaan HJB ke-542, Hery berpesan agar warga Kota Bogor menjadi lebih dewasa lagi. Agar Kota Bogor tetap aman dan tenteram.

“Apapun isu, dinamika yang kita hadapi saya kira masyarakat Kota Bogor mampu menghadapinya dengan cara dewasa. Mudah-mudahan pembangunannya tambah maju, sejahtera, bahagia, dan masyarakatnya nyaman,” kata Hery.

Baca juga: Peringatan HJB ke-537 di Kota Bogor akan lebih meriah

Mengambil kesempatan saat warga berkumpul di waktu yang sama, Hery menitipkan pesan agar warga tetap menjaga kondusifitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada November 2024.

“Karena mengumpulkan masyarakat sebanyak ini, kapan lagi? Sehingga saya titip satu kalimat dalam rangka Pilkada, untuk reminder -pengingat- kepada kita semua bahwa sebentar lagi kita akan Pilkada, titip untuk tetap kondusif, damai, apapun pilihannya,” katanya.

Kota Bogor merayakan hari jadinya yang ke-542 pada 3 Juni 2024. Selain helaran yang menjadi puncak acara hari ini, terdapat rangkaian acara lain yang digelar Forkopimda Kota Bogor. (KR-SBN)

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024