Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pondok Rajeg, Cibinong, Sabtu, memperingati Hari Lahir Pancasila.

"Kita lakukan ziarah, itu adalah bagian dari penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah berjuang, baik memperjuangkan kemerdekaan maupun membela kemerdekaan itu sendiri," ungkap Asmawa.

Pelaksanaan ziarah yang dilakukan bersama jajaran bersama Forum
Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diawali dengan upacara Hari Lahir Pancasila.

Kegiatan ziarah ke makam para pahlawan ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Jadi Bogor atau HJB ke-542 yang diperingati pada 3 Juni 2024.

"Semoga, tentu kita berdoa, karya-karya bakti almarhum-almarhum itu kemudian bisa kita teruskan sebagai generasi yang ada hari ini," ujarnya.

Asmawa menyebutkan, peringatan Hari Lahir Pancasila ini untuk memperkuat kebersamaan sebagai sesama warga negara dalam menjadikan Pancasila sebagai dasar dari seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Oleh karena itu, di tengah era disrupsi ini, di tengah perubahan yang cepat, maka Pancasila yang sudah memberikan ajaran tentang gotong royong, tentang kebhinekaan, tentang persatuan kesatuan harusnya bisa kita bumikan di tengah-tengah masyarakat," kata Asmawa.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024