Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melakukan tebar bibit ikan, penanaman pohon, hingga membuka gerai layanan kependudukan dalam menyemarakkan Hari Jadi Bogor atau HJB ke-542 di Cibinong Situ Plaza, Jumat.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Suryanto Putra mengungkapkan menyambut peringatan HJB setiap 3 Juni, Pemerintah Kabupaten Bogor telah memulai serangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Kegiatan penebaran 7.000 bibit ikan itu diawali dengan kegiatan bersih-bersih situ bersama sejumlah perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor: HJB ke-542 momentum jadikan daerah adil dan makmur
Baca juga: Kadin Bogor kerahkan pelaku UMKM dan IKM untuk semarakkan HJB ke-542

"Kita berharap itu menjadi sumber hewani dan protein buat masyarakat. Tadi juga secara simbolis dari Distanhorbun menyerahkan bibit pohon untuk ditanam," ungkap Suryanto.

Ia mengaku sudah menginstruksikan seluruh camat se-Kabupaten Bogor untuk bersama-sama menggelar kegiatan untuk menyemarakkan HJB ke-542 yang puncak peringatannya digelar pada 8 Juni 2024 di Kawasan Stadion Pakansari.

"Puncak HJB nanti ada jalan sehat, senam, bazar, dan berbagai hiburan. Karena itu kolaborasi antara stakeholder," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor Iwan Irawan di tempat yang sama menerangkan ikan yang ditebar berjenis tawes dan nila, karena lebih kuat dalam menghadapi cuaca dan kondisi iklim serta air yang ada di Cibinong Situ Plaza.

Baca juga: Pemkab Bogor kedepankan pelayanan publik pada perayaan HJB ke-542

"Intinya kegiatan hari ini selain momentum HJB juga ingin menciptakan kebersamaan untuk ditularkan kepada SKPD dan kepada masyarakat yang lain bahwa kalau bersama-sama tidak ada masalah yang tak bisa diselesaikan," kata Iwan.

Pada kegiatan HJB bertema "Babarengan, Akur, Makmur" tersebut dilakukan juga penanaman 30 bibit buah-buahan, di antaranya jeruk dan durian.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024