Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, meraih penghargaan Digital Government Award dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) karena dinilai sukses menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Penghargaan atas penilaian yang sudah dilakukan oleh semua OPD (Organisasi Perangkar Daerah) di lingkungan Pemkab Bogor itu menjadi penyemangat dan tantangan untuk lebih memperbaiki lagi," ungkap Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Cibinong, Selasa.

Pemkab Bogor merupakan satu dari 58 kabupaten yang berhasil meningkatkan Indeks SPBE tahun 2023 secara signifikan. Indeks SPBE Kabupaten Bogor terakhir nyaris paripurna yakni 3,7 poin dari angka maksimal 4 poin.

Baca juga: Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu terima penghargaan dari Kodam III Siliwangi
Baca juga: Pemkab Bogor kembali raih penghargaan IGA sebagai Kabupaten Inovatif

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk penguatan arah kebijakan mengenai SPBE secara nasional, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai percepatan transformasi dan layanan digital nasional dengan Perpres Nomor 82 Tahun 2023.

Asawa menjelaskan implementasi SPBE di Kabupaten Bogor dari sisi perencanaan dan penganggaran sudah mengikuti arahan pemerintah pusat. Ada beberapa aplikasi yang sudah dikoordinasikan melalui Dinas Kominfo, termasuk layanan penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Baca juga: Diskominfo Bogor raih penghargaan Anindhita Wistara Data

Pemkab juga tidak akan meluncurkan aplikasi baru sesuai arahan Presiden, melainkan akan mengoptimalkan yang da dengan mengedepankan prinsip mengintegrasikan.

"Artinya apa yang ada digunakan bersama-sama, kemudian berbagi data atau sharing data, sehingga tidak ada lagi ego sentris," kata Asmawa.

Ia berharap implementasi SPBE di Kabupaten Bogor bisa dilaksanakan secara konsisten untuk mendorong percepatan transformasi digital pemerintah.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024